Wednesday, September 28, 2022

Mengapa Sansevieria Bisa Berharga Mahal? Ini Jawabannya

Rekomendasi

Trubus.id — Kegiatan lelang tanaman hias sansevieria memeriahkan Kontes Nasional Sansevieria 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/09). Ada beragam tanaman hias sansevieria yang dilelang, baik hibrid maupun variegata. Harga sansevieria lelang pun bisa mencapai jutaan rupiah.

M. Iqbal, salah satu pemenang lelang yang mendapatkan sansevieria pingui kriwil dengan harga Rp2 juta. Ia menyatakan, alasannya berminat meminang pingui kriwil karena dinilai jenis tersebut masih langka di kalangan pehobi.

“Kebetulan saya tidak punya pingui kriwil di rumah. Dan ini sudah variegata, jadi saya berani mengambil itu dengan harga yang paling tinggi,” kata Iqbal.

Ia meyakini harga pingui kriwil akan stabil. Hal ini karena di pasar lokal, pingui kriwil belum banyak beredar dan belum banyak pehobi yang mempunyainya. Dengan begitu, pingui kriwil bisa terbilang masih langka dan berpotensi untuk dikembangkan.

Sama halnya dengan sansevieria lain, perawatan pingui kriwil menurutnya tidak akan jauh berbeda. Iqbal menyebut, tidak ada pemupukan setelah penanaman sansevieria, hanya penyiraman dengan air biasa. Saat penanaman, lakukan pemberian vitamin pada media tanamnya.

Sansevieria memiliki potensi sangat bagus. Menurut Iqbal, sansevieria dalam sekali transaksi bisa sampai Rp400 juta untuk ekspor. Selain itu, ada juga pehobi sansevieria yang bisa membangun rumah berkat terjun di dunia bisnis sansevieria.

Menurut Sentot Pramono, Juri Kontes Nasional Sansevieria, terkadang, orang dapat menghargai sansevieria dengan harga mahal karena kelangkaan tanaman tersebut. Lazimnya, saat pehobi mengetahui jenis sansevieria yang dipunya langka, mereka akan mengembangkannya untuk dijual.

“Hari ini yang namanya pehobi murni itu tidak ada, kolektor murni juga tidak ada. Sekarang ini orang kalau bisa, ya hobi yang juga menghasilkan,” tuturnya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img