Thursday, July 25, 2024

Mengatasi Berbagai Penyakit dengan Konsumsi Alpukat

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Selain lezat, Alpukat memiliki beragam khasiat. Mengonsumsi alpukat bisa melindungi hati, menurunkan kolesterol, hingga menjaga mata agar tetap sehat. Berikut ini khasiat rutin mengonsumis alpukat bagi kesehatan.

Menurunkan kolesterol

Alpukat kaya vitamin E yang bermanfaat menghaluskan kulit. Selain itu, faktanya alpukat dapat mencegah penyakit kolesterol. Hal itu dibuktikan oleh DM Colquhoundari dari Dietary Department, Wesley Hospital, Queensland, Australia. Penelitiannya melibatkan 15 wanita berusia 37—58 tahun.

Sebanyak 8 wanita diberi alpukat, sedangkan 7 orang lainnya mengonsumsi makanan kaya karbohidrat selama 3 minggu. Hasilnya, kadar kolesterol darah pada pengonsumsi alpukat turun 8,2%; pengonsumsi kaya karbohidrat hanya turun 4,9%.

Itu berarti mengonsumsi alpukat rutin tiap hari efektif menjaga tubuh dari serangan kolesterol dibandingkan makan nasi.

Mata sehat

Menghindari alpukat karena takut lemak? Itu mitos. Lemak dalam buah Persea americana itu justru lemak tak jenuh tunggal dan bebas sodium yang tokcer menjaga jantung sehat. Buah anggota famili Lauraceae itu juga mengandung lutein, salah satu jenis vitamin E.

Riset Departemen Pertanian Amerika Serikat membuktikan lutein mujarab mencegah katarak dan degenerasi makular yang mengancam mata. Fungsi itu dapat terwujud bila Anda rutin menyantap 250 g per hari.

Hepatitis

Berita menggembirakan datang dari Shizuoka University di Jepang. Para peneliti di universitas itu menyebutkan ekstrak alpukat dapat mengatasi kerusakan hati akibat hepatitis C.

Ini jelas merupakan harapan baru buat para penderita. Maklum kerusakan akibat penyakit itu permanen dan tanpa penanganan tepat bisa menyebabkan kematian. Makanya para dokter percaya kerusakan akibat virus hepatitis C bisa menyaingi HIV.

Prof. Hirokazu Kawagishi menggunakan sejumlah tikus percobaan yang diinfeksi virus penyebab kerusakan liver. Lalu diberi perlakuan dengan 22 jenis buah berbeda. Hasilnya alpukat paling potensial memperbaiki kesehatan hati.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kembangkan Kelapa Genjah Merah Bali, Pekebun Panen Lebih Cepat

Trubus.id—Gede Sukrasuarnaya kesengsem penampilan kelapa genjah merah bali. “Warnanya cantik jingga kemerahan. Buahnya lebih banyak dan lebih besar dibandingkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img