Saturday, December 3, 2022

Mengelola 200 Akuarium Tanpa Mengganti Air

Rekomendasi

Trubus.id — Air di dalam akuarium menjadi salah satu faktor penting dalam memelihara ikan hias seperti diskus. Mengganti air menjadi salah satu cara untuk memastikan air selalu bagus. Namun, kalau mengelola ratusan akuarium, tentu akan sangat menghabiskan tenaga dan waktu untuk mengganti air.

Untuk mengatasi itu, Anda bisa mengadopsi cara yang dilakukan Rio Sukarya, S.Kom. Sebelumnya, Rio membutuhkan waktu 4–6 jam untuk menguras 200 akuarium setiap hari. Ukurannya 100 cm × 50 cm × 40 cm dan 50 cm × 50 cm × 40 cm.

“Jika tanpa pergantian air akuarium, menghambat pertumbuhan ikan cakram itu,” kata penangkar diskus sejak 2016 itu.

Penangkar diskusi di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, itu mengelola 200 akuarium. Ia rutin mengganti air dalam akuarium dua kali sehari. Itulah sebabnya Rio merancang sistem otomatisasi akuarium diskus.

Kini ia hanya tinggal memberi pakan ikan, menyedot sisa makanan, dan menggosok akuarium setiap 2 pekan sekali. Kombinasi filter dan drip yang “bertugas” mengganti air.

Menurut Rio, sistem itu menggabungkan filter menjadi satu dengan volume 2.000 liter yang terbagi 10 akuarium atau 200 liter per akuarium.

Filter sistem sentral menggabungkan kebutuhan filter menjadi satu. (Trubus/Dok. Rio)

Rio mengatakan, penangkar dapat mengadopsi sistem itu jika diskus berukuran minimal 5 cm. Konstruksi sistem sentral tersebut tersusun dari pompa, filter mekanik berupa spons, filter bakteri (busa), dan filter kimia (karbon).

Ia  menggabungkannya dengan sistem drip untuk mengalirkan air baru dan membuang air lama dalam akuarium. Pada sistem itu akan selalu ada air baru yang masuk di akuarium. Penggantian air menggunakan drip bisa dibuat terus-menerus atau dengan pengaturan waktu.

Penangkar diskus itu mengatur pergantian air satu hari dua kali pada pukul 12:00 WIB dan 00:00 WIB terintegrasi dengan sistem smart home. Keran untuk penggantian air setiap siang dan malam itu bisa membuka sendiri.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img