Wednesday, February 8, 2023

Menguatkan Tulang dengan Mengonsumsi Umbi Yakon

Rekomendasi

Trubus.id — Mengonsumsi umbi yakon secara ilmiah dapat memperkuat tulang dan memperlancar pencernaan. Umbi yakon memperkuat sel tulang itu dibuktikan dari hasil riset Dr. Tjandrawati Mozef.

Peneliti di Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional, itu membuat suplemen dari umbi yakon. Umbi Smallanthus sonchifolius (nama Latin umbi yakon) itu mengandung Difructose Anhydride (DFA) III yang berfungsi membantu penyerapan kalsium dan berpengaruh terhadap kepadatan tulang.

Tulang kuat

Menurut Tjandrawati, kerapuhan tulang disebabkan oleh asupan kalsium yang rendah. Konsumsi susu dan produk turunannya di Indonesia masih berkisar 16,27 kg per kapita per tahun.

Bandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia 26,20 kg per kapita per tahun. Selain itu, metabolisme asupan kalsium yang buruk juga memicu kerapuhan tulang.

Penyerapan kalsium membutuhkan senyawa lain, seperti Difruktosa Anhidrida. Para periset menemukan DFA III pada umbi yakon. Itulah sebabnya Tjandra dan tim membuat bubuk dari tumbuhan sumber inulin itu.

Ia mengiris, merebus, mengekstraksi, dan menghasilkan ekstrak pekat. Selanjutnya, memfermentasi pekatan dengan Nonomurea sp yang menghasilkan enzim inulin Fructosetransferase.

Reaksi enzim itu menghasilkan konsentrat yang mengandung DFA III dan fructooligosaccharides (FOS). Umbi yang semula hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak atau dibuang, kini menjadi suplemen yang berkhasiat untuk kesehatan tulang.

Selain untuk tulang, suplemen dari umbi yakon juga berfaedah untuk pencernaan dan kasus obesitas pada anak. Menurut Tjandrawati, umbi yakon menimbulkan rasa kenyang, tetapi tidak meningkatkan kadar gula darah.

Tentu saja suplemen tadi baik juga untuk penderita diabetes melitus. Umbi yakon tinggi fruktooligosakardia (FOS). Senyawa itu dapat menjadi substrat mikro yang baik untuk pencernaan. Tjandrawati menyarankan konsumsi suplemen umbi yakon 3 gram per hari untuk orang dewasa.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kementan Dorong Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Kopi

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan mendorong upaya pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada komoditas tanaman...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img