Saturday, December 3, 2022

Menikmati Lezatnya Durian yang Paling Disukai Bung Karno

Rekomendasi

Trubus.id — Durian memang banyak penggemarnya. Buah yang dikenal sebagai raja buah itu pun konon menjadi salah satu buah yang disukai oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno. Jenis durian yang paling disukai Bung Karno adalah durian hepe.

Dr. Reza Tirtawinata, pemilik Kebun Wa’ Reza di Bogor, Jawa Barat, mengatakan, karena durian hepe adalah kesukaan Bung Karno semasa hidup, orang kerap menyebutnya durian bung karno.

Menurutnya, kala itu Bung Karno kerap menikmati durian hepe ketika istirahat di Istana Batutulis, Kota Bogor, Jawa Barat. Dari beragam durian Durio zibethinus yang disajikan, hepe merupakan durian yang paling disukai Bung Karno.

Hepe artinya biji kempis. Cita rasanya dominan pahit. Warna daging buah putih dan tebal. Setelah beberapa menit dikonsumsi, tenggorokan terasa hangat lalu perut panas.

Sekarang, umur pohon durian di Kebun Wa’ Reza sudah 40 tahun. Lingkar batang pohon durian hepe melebihi satu pelukan orang dewasa. Sayangnya, durian hepe dinilai kurang menyebar luas di Tanah Air karena memiliki rasa pahit yang dominan. Hanya penikmat durian tulen yang menyukai rasa pahit kuat.

Reza menyampaikan pohon durian hepe ditanam di kebun berketinggian 400 meter di atas permukaan laut (m dpl). Ia menanam durian hepe di lahan seluas 1 hektare bersama dengan beragam durian unggul yang melegenda di Indonesia, seperti durian petruk, durian matahari, dan durian kalinyamat.

Bagi orang yang mau berkunjung ke Kebun Wa’ Reza harus rela memarkir mobilnya di tepi jalan. Hal ini karena halaman parkir hanya cukup untuk 1 kendaraan pemilik kebun. Wajar saja, kini areal kebun itu telah terkurung pemukiman padat penduduk.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img