Friday, December 2, 2022

Murah dan Cepat dengan Back Bulb

Rekomendasi

Ada 2 cara untuk merangsang bulb tua menghasilkan keiki. Yaitu dengan melukai umbi semu utama dan memotong langsung bulb tua. Yang disebutkan terakhir itu dapat dilakukan dengan syarat tanaman memiliki minimal 4 bulb. Maksudnya, agar setelah dipisahkan pertumbuhan tanaman tidak terganggu karena masih ada 3 bulb yang tersisa.

Pisahkan bulb tua dari tanaman induk menggunakan pisau, lalu dikeringanginkan di atas kawat kasa. Bulb tetap hidup selama masih berwarna hijau. Selanjutnya back bulb disiram larutan vitamin B1 dengan cara pengkabutan atau fogging . Dosis pemakaian 1 cc per 5 l air, diberikan 2 kali sehari, pagi dan sore. Jika cuaca mendung cukup sehari satu kali.

Selang 2 – 3 minggu tunas baru muncul. Ketika tunas muncul segera tegakkan bulb agar keiki tumbuh lurus. Setelah keiki berumur 2 bulan, setinggi 1 cm dan terdapat 1 – 3 akar, pindahkan ke media sabut kelapa. Keiki dipindahkan ke pot individu 4 – 6 bulan kemudian. Dengan perlakuan seperti itu, tingkat keberhasilan mencapai 90%. (Rosy Nur Apriyanti/Peliput:Laksita Wijayanti)

Keterangan
1. Back bulb yang siap dipotong
2. Potong bulb tua, lalu olesi antibiotik pada bagian yang luka
3. Hamparkan back bulb di atas kasa. Siram dengan vitamin B1 2 kali sehari
4. Selang 2- 3 minggu keluar tunas dan akar
5. Jepit bibit dengan sabut kelapa yang telah direndam dalam air selama satu malam.
6. Pindahkan bibit ke keranjang. Lalu susun secara vertikal.
7. Keiki dapat dipindah ke pot tunggal selang 4- 6 bulan kemudian

Previous articleSuperred Anda Berdarah Murni?
Next articleBerkat Lumpur
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img