Thursday, August 11, 2022

Naga Usir Wasir

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Buah naga melenturkan dinding pembuluh balik sehingga benjolan akibat ambeien mengecilDerita akibat ambeien sirna setelah Untung Ahmad Maulana rutin konsumsi buah naga.

dr Ekky M Rahardja MS SpGK, wasir antara lain karena konstipasiUntung Ahmad Maulana menghabiskan 13 jam ketika menempuh perjalanan dari Surabaya, Jawa Timur, ke Yogyakarta pada awal 2010. Itu dua jam lebih lama daripada perjalanan-perjalanan sebelumnya. Karyawan pemasaran di sebuah perusahaan suku cadang kendaraan bermotor di Surabaya itu terpaksa singgah di Semarang, Provinsi Jawa Tengah, untuk beristirahat gara-gara rasa nyeri di bagian anus.

Rasa nyeri itu membuat Untung tak mampu duduk terlalu lama. “Saya merasa tidak nyaman dan lebih cepat lelah,” ujar pria 45 tahun itu. Semula Untung merasa sakit setiap kali buang air besar disertai darah yang mengalir. Lama-kelamaan ia merasa nyeri semakin tak terperi. Itulah sebabnya ia memeriksakan diri ke sebuah rumahsakit di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Maret 2010. Dokter mendiagnosis Untung mengalami ambeien.

Kurang serat

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, dr Probosuseno SpPD K-Ger, ambeien atau wasir merupakan penyakit akibat terjadinya pelebaran pembuluh vena di dubur. Pelebaran pembuluh darah itu dapat terjadi di sisi dalam atau di sisi luar anus. Kalangan medis menyebutnya hemoroid (kata haemo berarti darah dan rhema bermakna aliran).

Salah satu gejala penyakit itu muncul benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman sebagaimana dialami Untung. Meski tak membahayakan jiwa, “Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan turun berok atau hernia,” ucap Untung mengulang perkataan dokter yang memeriksanya. Pada pasien hernia organ usus “keluar” dari tempat seharusnya melalui lubang locus minoris akibat tekanan yang besar.

Dokter spesialis gizi klinis Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, dr Ekky M Rahardja MS SpGK, mengatakan bahwa wasir muncul akibat konstipasi atau susah buang air besar sehingga kerap mengejan. Kurang konsumsi serat, buang air besar yang tidak teratur, dan jarang olahraga turut memicu wasir. Selain itu orang yang sering mengangkat beban terlampau berat dan kurang minum air putih juga berisiko menderita ambeien.

Faktor itulah yang diduga menyebabkan Untung menderita penyakit yang juga kerap disebut piles itu. Setiap kali mengunjungi pelanggan, Untung biasanya mengangkat barang berbobot rata-rata 25 kg. Ia juga lebih suka minum kopi ketimbang air putih. “Dalam sehari saya bisa menghabiskan 4 gelas kopi hitam,” ujarnya. Untung juga gemar mengonsumsi makanan pedas.

Buah naga

Untuk mengatasi ambeien, dokter memberikan obat berupa antibiotik dan obat yang memberikan efek relaksasi pada otot dubur dan pembuluh darah balik. Untung juga mesti berpantang mengonsumsi makanan pedas. Enam hari setelah mengonsumsi obat, keluhan ambeien itu hilang. Namun, pada Oktober 2011 ia merasakan nyeri itu berulang kembali. Seorang rekan di kantor menyarankan Untung untuk mengonsumsi ramuan tiongkok.

Untung yang berharap sembuh menuruti saran rekan kerjanya. Tiga hari setelah mengonsumsi ramuan, yang berkurang hanya nyeri saat buang air besar. “Perubahannya tidak terlalu signifikan. Ukuran benjolan itu tidak berkurang sama sekali,” ucap pria kelahiran 6 Desember 1967 itu.

Seorang teman kantor lain menganjurkan Untung mengonsumsi buah naga berdaging merah Hylocereus costaricensis. “Saya sempat menolak karena buah naga barang mahal,” kata Untung. Namun, ia akhirnya menuruti setelah sang rekan memberikan penjelasan khasiat buah kerabat kaktus itu. Untung memperoleh buah naga dari kebun di Desa Wonosalam, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Biasanya Untung sekali membeli 2 kg buah tanaman anggota famili Cactaceae itu. Sejak 2012 Untung rutin mengonsumsi 450 g buah naga atau setengah bagian buah berukuran besar tiga kali sehari setelah makan. “Saya memiliki gejala mag sehingga mengonsumsi buah naga setelah makan,” kata Untung. Lima hari berselang benjolan di lubang anus mengecil. Ia juga tak merasa sakit saat buang hajat.

Bagaimana duduk perkara buah naga mengatasi ambeien? Menurut herbalis di Kotamadya Batu, Jawa Timur, Ir Wahyu Suprapto, kemungkinan buah naga melenturkan dinding pembuluh darah balik sehingga ukuran benjolan mengecil. “Buah naga juga memberikan efek dingin sehingga mengurangi pembengkakan,” ujar Wahyu. Buah naga juga melancarkan buang air besar sehingga pasien tidak perlu mengejan.

Kadar serat buah naga hanya 0,9 gram per 100 gram. Bandingkan dengan wortel yang kaya serat hingga 3,3 gram. Hingga kini Untung tetap mengonsumsi daging buah naga, termasuk ketika bertugas keluar kota. Namun, dosisnya berkurang menjadi seperempat bagian buah naga 3 kali sehari. Ternyata buah naga bukan hanya membantu menyembuhkan ambeien yang diderita Untung.

Mag yang sebelumnya kerap kambuh juga hilang sama sekali. Khasiat itu seakan membuktikan ucapan pengelola kebun buah naga, Daniel Kristanto, bahwa buah naga juga berkhasiat mengatasi penyakit akibat asam lambung berlebih itu (baca Naga Atasi Mag, Trubus edisi Juli 2012). “Saya juga merasa lebih bugar dibandingkan dengan sebelumnya,” ujar anak pertama dari enam bersaudara itu. Berkat sang naga, ambeien dan mag sirna. (Riefza Vebriansyah)

Keterangan Foto :

  1. Buah naga melenturkan dinding pembuluh balik sehingga benjolan akibat ambeien mengecil
  2. dr Ekky M Rahardja MS SpGK, wasir antara lain karena konstipasi
  3. Terlalu banyak makan pedas memicu ambeien
  4. Untung Ahmad Maulana bebas dari ambeien berkat buah naga merah

 

Previous articleLuka Kanker pun Kering
Next articlePelindung Kulit
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img