Tuesday, November 29, 2022

Nanas Berpayung di Formosa

Rekomendasi

Di sentra nanas di Subang, Jawa Barat, tak terlihat pembungkus disarungkan pada buah anggota famili Bromeliaceae itu.

Di Pingtung, salah satu sentra nanas selain Nantou, Changhua, Tainan, Kaohsiung, Chiayi, dan Taitung, semua pekebun membungkus nanas. Namun, warna plastik yang digunakan berbeda-beda. Di satu lokasi digunakan plastik biru, putih, dan kuning untuk membungkus buah nanas yang hampir matang atau ukurannya sebesar 2 kepal tangan orang dewasa. Selain plastik, ada juga yang hanya menggunakan daun-daun nanas yang diikat ke atas sehingga melindungi buah.

‘Secara umum, pembungkusan buah biasanya bertujuan untuk melindungi buah dari sunburn-alias kerusakan kulit buah akibat paparan sinar matahari berlebihan-dan serangan lalat buah,’ kata Ir Yos Sutiyoso, praktikus pertanian di Jakarta. Contohnya di tanahair pada belimbing, jambu, dan pisang. Paparan sinar matahari berlebih menyebabkan kulit jambu biji kecokelatan. Sementara jika belimbing tidak dibungkus sejak buah pentil, rentan serangan lalat buah. Penampilannya jadi kurang menarik. Namun pada nanas, ‘Tidak pernah ditemui serangan lalat buah,’ ujar Ir Sri Hadiati, MP, pemulia nanas dan salak di Balai Penelitian Tanaman Buah, Solok, Sumatera Barat. Kesimpulannya, pembungkusan buah pada nanas hanya untuk mengurangi efek sunburn.

Menurut Prempree Na Songkha, editor kepala majalah pertanian Kehakankaset di Bangkok, yang pernah mengunjungi kebun nanas di Agricultural Research Institute di Fengshan, Kaohsiung, Taiwan, pembungkusan nanas untuk mempermulus penampilan fisik kulit nanas. Warna kulit solid kekuningan.

sunburn

Sobir PhD, kepala Pusat Kajian Buah-buahan Tropika, Bogor, mengatakan sunburn mengakibatkan warna kulit buah kuning karat, daging buah keras, dan rasanya tidak enak. Itu terjadi lantaran buah yang kuning itu sebenarnya masih belum matang. Tandanya, warna kuning muncul pada satu sisi, biasanya bagian atas, sementara bagian bawah hijau. ‘Padahal, secara fisiologis kematangan buah itu dimulai dari bagian bawah ke atas,’ imbuh Sri. Efek lain dari sunburn, mata pada buah nanas menonjol, padahal yang bagus rata.

Di Taiwan, intensitas cahaya matahari mencapai 10.000 foot candle. Jarak tanam nanas renggang. Dalam satu hektar populasinya sekitar 40-ribu tanaman. Di tanahair, 56-ribu-80-ribu per ha. Akibatnya risiko anggota famili Bromeliaceae itu terkena sunburn sangat tinggi. Wajar bila pembungkusan nanas lazim dilakukan. ‘Pembungkus buah yang berwarna putih atau cerah bertujuan untuk memantulkan cahaya matahari,’ ujar Sobir. Dengan begitu bagian kulit selamat dari paparan cahaya berlebih.

Namun, menurut Yos pembungkusan nanas dengan plastik berwarna bisa mengurangi kemanisan buah. ‘Nanas muda kulitnya berwarna hijau. Artinya memiliki klorofi l yang bermanfaat untuk proses fotosintesis. Bila nanas ditutup dengan plastik berwarna, maka menghalangi sinar matahari sehingga mengganggu fotosintesis. Akibatnya rasa manis buah berkurang,’ papar pakar nutrisi itu. Yos menyarankan penggunaan plastik bening.

Rumput

Di Indonesia, intensitas cahaya matahari 8.000-9.000 foot candle. ‘Makanya kerugian akibat sunburn pun kecil, kurang dari 5%,’ ujar Sobir. Apalagi jarak tanam nanas di tanahair rapat. Dengan begitu buah aman ternaungi daun. Yang terkena sunburn paling nanas yang ditanam di pinggir lahan. ‘Di Subang, hampir semua pekebun tak melindungi buah dengan plastik karena ada pohon naungan, pepaya,’ tambahnya.

Meski di tanah air kerusakan akibat sunburn tak terlalu signifikan, tapi ada juga pekebun yang melindungi nanas dari sinar matahari. Contohnya beberapa pekebun di Blitar yang pernah Sri temui. Buah ditutup dengan rerumputan. Ada juga yang mengikat daun ke atas mahkota buah seperti pekebun di Taiwan. ‘Buah nanas yang dibungkus sudah berukuran besar, kira-kira 1 bulan sebelum dipanen,’ kata alumnus Universitas Padjadjaran Bandung, itu. (Rosy Nur Apriyanti/Peliput: Destika Cahyana)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img