Monday, November 28, 2022

Nilam

Rekomendasi

1. Apa kegunaan minyak nilam?

2. Bagaimana cara pembibitan dan penanamannya?

3. Apa jenis pupuk yang dipakai dan berapa dosisnya?

4. Kapan tanaman bisa dipanen?

5. Di mana sentra produksi dan pemanfaatan tanaman nilam di Indonesia? Bagaimana prospeknya?

6. Di mana alamat perusahaan penampung minyak nilam dan industri yang membutuhkan bahan Baku minyak nilam?

7. Bagaimana cara penyulingannya ?

Satriawan

PT PDA

Gedung Plaza Centris Lt. 5 Jl. HR Rasuna Said Kav. B 5  Jakarta Selatan 12910

Hendro Soenarjono

1. Minyak nilam digunakan sebagai bahan pengikat dalam industri minyak wangi, farmasi, dan kosmetik. Ia termasuk minyak asiri yang mudah menguap.

2. Setek disemai di persemaian dengan jarak tanam 10 cm x 10 cm selama 3—5 minggu. Setelah berakar, tanaman dipindahkan ke kebun dengan jarak tanam 60 cm x 50 cm atau 90 cm x 30 cm. Nilam dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi pada tanah subur dan gembur. Curah hujan 2.000—3.000 mm/tahun, dan merata sepanjang tahun.

3. Dosis anjuran: Urea 280 kg/ha, TSP 70 kg/ha, dan KCl 140 kg/ha. Pupuk diberikan ketika tanaman berumur 1, dan 6 bulan.

4. Tanaman dapat dipanen pada umur 6—8 bulan, dengan memangkas tiga pasang daun teratas (pucuk). Produktivitas mencapai 1—4 ton/ha daun kering per tahun. Panen dilakukan dua bulan sekali.

5. Daerah sentra produksi nilam adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah. Indonesia merupakan negara produsen minyak nilam terbesar di dunia.

6. Untuk pemasaran minyak nilam, hubungi Badan Pengembangan Expor Nasional (BPEN) Departemen Perdagangan dan Perindustrian di Jakarta.

7. Cara mengolahnya, daun dipotong, lalu dijemur sampai kering benar selama 3—4 hari. Daun  yang telah kering dimasukkan ke dalam drum penyulingan yang ditutup rapat. Pipa akan mengalirkan uap panas secara langsung selama 5—7 jam. Uap dikondensasikan supaya menjadi tetesan cairan. Tetesan cairan hasil penyulingan ditampung dalam botol. ***

Zodia

Pada Trubus edisi 393 Agustus 2002 halaman 21, diulas mengenai tanaman zodia antinyamuk. Saya sangat tertarik dan ingin menanyakan beberapa hal:

1. Bagaimana cara perbanyakannya?

2. Bagaimana cara mempercepat pertumbuhan tanaman itu agar cepat tinggi dan besar?

3. Berapa tinggi maksimal zodia?

4. Apa jenis media atau tanah yang cocok untuk zodia?

Tienawati

Ngiden Intan Utara 46

Surabaya

Iin Hasyim

1. Saat ini perbanyakan hanya dengan cara menyemai biji-bijinya.

2. Tanaman menyukai media tanam yang porous, lembap tapi tidak terlalu basah. Pemupukan teratur dengan NPK berimbang. Tambahkan pupuk kandang dua kali setahun untuk memperbaiki struktur tanah.

3. Zodia termasuk tanaman perdu. Tanaman tidak bercabang banyak dan tidak terlalu tinggi.

4. Media tanam porous dan gembur, berupa campuran tanah kebun, pupuk kandang, humus atau     pasir dengan perbandingan 1:1:1.***

 

Anggrek Bulan

 

Sejak sebulan yang lalu, saya membudidayakan anggrek bulan Phalaenopsis sp. sebanyak 1.100 pot— direncanakan 3.000 pot—dari berbagai jenis. Saya ingin bertanya beberapa hal:

1. Bisa optimalkah pertumbuhan dan pembungaan phalaenopsis pada ketinggian 2.000 m dpl, suhu siang 28—32°C dan malam 22—24°C? Tanaman saya naungi plastik transparan dan net kassa nyamuk.

2. Saya memberikan pupuk daun berkadar fosfor 50—55% setiap hari, kadangkadang dicampur zat pengatur tumbuh dengan dosis sesuai kemasan. Apakah pengaruhnya bagus buat tanaman?

3. Bagaimana cara mencegah dan mengobati busuk akar?

4. Bagaimana cara menghidroponikkan anggrek dalam gelas kemasan air mineral?

Andi Rohaendi, S.IP

Perumahan Wana Asri Beringin Raya

Jl. Nada Lestari Blok C5/17

Kemiling, Bandar Lampung 35158

 

Rizal Djaafarer

1. Tanaman bisa tumbuh, tetapi pembungaan akan terhambat karena suhu terlalu tinggi. Pada suhu optimal—suhu siang 21—29°C dan suhu malam 18—21°C—phalaenopsis bisa berbunga setelah memiliki sekitar 5 helai daun. Sedangkan jika suhu terlalu tinggi, tanaman akan berbunga setelah memiliki 6—10 helai daun.

2. Kadar fosfor 50—55% terlalu tinggi jika digunakan pada fase vegetatif. Tanaman akan berbunga lebih cepat sebelum fase vegetatif habis.

3. Bakteri dan cendawan tumbuh pada media yang memiliki temperatur dan kelembapan tinggi, sehingga menyebabkan busuk akar. Media harus diganti jika sudah padat dan berlumut. Akar yang busuk harus dipotong.

4. Lubangi gelas kemasan air mineral 3 cm dari dasar gelas. Isi dengan potongan styrofoam, pakis, arang, dan batu. Kemudian anggrek ditanam, siram dengan larutan nutrisi sampai larutan keluar dari lubang drainase.***

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img