Tuesday, April 16, 2024

Olah Kale Menjadi Beragam Penganan Lezat dan Bergizi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pasar menghendaki kale segar, mulus tanpa gerekan serangga, dan bentuknya normal. Namun, kadang-kadang petani memanen daun kale yang tidak memenuhi standar itu. Agar tidak menjadi limbah, petani dapat mengolah kale apkir menjadi berbagai penganan lezat.

Anda dapat membuat smoothies berbahan kale untuk menjaga stamina tubuh dan menambah gizi. Segelas sayuran kerabat sawi itu mengandung protein hingga 3 g, serat 2,5 g, dan 1,35 mg kalsium per gram kale mentah.

Untuk membuat smoothies kale sejatinya mudah. Siapkan tiga lembar daun kale segar yang sudah dicuci bersih lalu menambahkan 350 ml air matang, separuh buah pisang ambon, 100 ml air kelapa, satu sendok makan madu, dan cairan lemon 1/8 bagian. Bahan-bahan itu cukup untuk menghasilkan 500-an ml smoothies.

Lantas blender semua bahan hingga larut, bercampur merata, dan lembut. Warna smoothies kale hijau muda. Fahmia memasukkan minuman itu ke dalam botol bersih. Kini smoothies kale siap santap.

Olahan lain keripik daun kale. Setiap satu kg keripik kale berasal dari 10 kg daun segar. Untuk membuat keripik kale, Anda dapat memanfaatkan bahan baku berupa sayur kale segar, minyak zaitun, garam laut, dan bubuk bawang (lihat boks: Keripik Kale).

Buat Keripik Kale

  1. Panen sayuran kale, cuci bersih dengan air mengalir, dan serut agar terpisah dari tangkainya.
  2. Kering anginkan daun kale dan beri beragam bumbu. Per 150 ons daun segar tambahkan satu sendok makan minyak zaitun, seujung satu sendok makan garam laut, dan beri seujung sendok makan bubuk bawang jika ingin variasi rasa.
  3. Tata di atas Loyang dan masukkan ke dalam mesin pengering selama 6—8 jam dengan suhu optimal.
  4. Setelah matang dengan tekstur renyah, keripik kale siap dinikmati.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kiat Mengubah Kediaman Pribadi Menjadi Rumah Walet Produktif

Trubus.id— Memodifikasi rumah tinggal menjadi rumah walet sangat memungkinkan. Hal terpenting yang mesti diperhatikan yakni lokasi itu merupakan habitat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img