Monday, August 15, 2022

Olah Kepyar Jadi Minyak

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Kandungan air 7%, asam lemak bebas 4%, dan bebas pengotor. Itu syarat minyak kastor yang diterima pasar internasional.

 

Untuk memenuhi  syarat  kandungan air 7%, mula-mula pekebun menjemur bahan baku berupa buah jarak kepyar Ricinus communis selama 2-3 hari hingga kulit buah terbuka dan biji berwarna cokelat berbintik kuning. Kadar air tinggi menyebabkan minyak kastrol gampang terhidrolisis. Molekul air terurai menjadi atom hidrogen dan oksigen. Lalu atom oksigen mengacak-acak molekul minyak sehingga menyebabkan kadar asam lemak melonjak. Akibatnya minyak menjadi berbau tengik sehingga produsen gigit jari lantaran konsumen enggan membeli.

Pekebun di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memanen buah jarak kepyar tua dari tandan tanaman berumur tiga bulan. Tandan siap petik jika dalam satu tandan berisi 100 buah dengan setidaknya ada 20 buah berkulit kecokelatan tanda tandan tua. “Buah kelewat matang mudah pecah sehingga biji terbuang. Itu berarti mengurangi produksi,” kata Ir Abi Dwi Hastono, periset di Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat, Malang, Jawa Timur. Biasanya pekebun memperoleh 2 ton biji per hektar lahan dengan populasi 1.000 tanaman.

Di Sumbawa, pekebun menanam jarak kepyar varietas asembagus 81 di sela tanaman pangan seperti jagung atau padi gogo. Maklum, varietas itu toleran iklim Nusa Tenggara Barat yang kering dengan curah hujan kurang dari 1.000 mm/tahun. Bandingkan dengan Pulau Jawa rata-rata 2.000 mm/tahun.

Kempa

Proses penjemuran membuat biji mudah terlepas dari kulit buah. Pekebun lalu memasukkan biji ke dalam karung plastik dan menyimpan di gudang bersuhu kamar. Karung-karung itu tidak boleh langsung diletakkan di lantai, tapi diganjal menggunakan bantalan kayu. Tujuannya untuk menghindari risiko serangan hama, bakteri, atau cendawan penyebab busuk. Penyimpanan biji paling lama 3 bulan. Menurut Dr Endang Warsiki STP MSi, periset di Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi, Institut Pertanian Bogor, penyimpanan terlalu lama menyebabkan kadar asam lemak meningkat karena proses oksidasi dan ukuran biji susut 0,5% setiap bulan.

Tingginya asam lemak bahan baku mempengaruhi kualitas minyak. PT Bio Greenland, produsen dan eksportir minyak jarak kepyar di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menerapkan standar nilai asam lemak pada minyak kurang dari 4%. Menurut Endang minyak berkadar asam 1% bertambah menjadi 1,5% dalam seminggu. Jika kadar asam 5%, dalam 3 hari saja menjadi 8%.

Biji kupas itu kemudian diolah oleh PT Bio Greenland menjadi minyak dengan proses kempa. Sebelum mengolah, pekerja menyingkirkan pengotor berbahan logam menggunakan magnet separator. Pengotor lain seperti plastik, batu, atau debu dipisahkan dengan penapis khusus. Setelah bersih, pekerja memasukkan biji ke dalam tangki baja berkapasitas 1,5 ton, lalu menyemprotkan uap  air bersuhu  90-100ºC. “Tujuannya melunakkan biji agar pengempaan menghasilkan rendemen maksimal,” kata Budi Setiawan ST, manajer produksi PT Bio Greenland.

Sekilo biji kering menghasilkan minimal 0,5 kg minyak. Namun, rendemen juga tergantung kualitas mesin. Mesin bagus menghasilkan banyak minyak. Menurut Abi, ekstraksi biji jarak kepyar lazim menggunakan alat dengan kempa ulir. Dengan begitu proses mengempa biji berlangsung terus- menerus sehingga dalam waktu sama menghasilkan lebih banyak minyak.

Mesin kempa yang dipakai PT Bio Greenland berulir tunggal dengan 60 putaran per menit. Putaran itu melumat biji dan menghasilkan minyak. Ulir itu sekaligus mendorong ampas keluar melalui lubang pembuangan di ujung ulir. Sedangkan minyak keluar melalui pelat berlubang-lubang di bagian bawah rumah ulir. Menurut Budi Setiawan ST, manajer produksi, penempatan lubang keluar ampas dan saringan diatur sedemikian rupa sehingga minyak tidak keluar melalui lubang pembuangan ampas. Setiap jam, mesin itu menghasilkan 1,5 ton minyak jarak kepyar mentah dengan rendemen 45%.

Untuk pasar lokal, pekerja mengemas  minyak dalam drum baja nirkarat berkapasitas 200 l. Lalu pekerja mengisi sisa ruang kosong dalam drum dengan gas nitrogen. Tujuannya menyingkirkan gas oksigen penyebab oksidasi yang merusak minyak. Untuk pasar ekspor, pekerja mengemas minyak dalam tangki berkapasitas 20 ton dari bahan flexi, lalu memasukkan dalam petikemas.

Kurang

Pada 2011 Bio Greenland mengolah 300 ton biji kering setara dengan 150 ton minyak per tahun. Dari jumlah itu, 100 ton untuk memasok PT Kimia Farma-sebuah perusahaan farmasi tanahair-sedangkan sisanya dikirim ke Jepang. Menurut Budi, jumlah itu jauh di bawah kapasitas mesin yang mencapai 12.000 ton biji kering per tahun. “Pasokan bahan baku tidak mencukupi,” tutur Budi Setiawan. Kebutuhan tahunan PT Kimia Farma 6.000 ton dan Jepang 20.000 ton belum terpenuhi.

Dengan kebutuhan sebanyak itu, Jepang berada di posisi ketiga sebagai negara importir terbesar dunia setelah Uni Eropa dan Amerika Serikat.  Hingga 2008, India masih menjadi penguasa pasar. Menurut data Organisasi Pangan Dunia (FAO), produksi minyak kastor India mencapai 830.000 ton, China 210.000 ton, dan Brasil 91.510 ton per tahun. Sisanya berasal dari negara tropis seperti Ethiopia, Paraguay, Thailand, dan Vietnam.

Minyak kastor menjadi bahan baku pelumas nonmineral, pabrik farmasi, dan pabrik cat. Pada masa pendudukan Jepang, rakyat di tanahair dipaksa menanam jarak kepyar sebagai bahan baku minyak untuk melumasi mesin perang. Kini Negeri Matahari Terbit itu mengolah minyak kastor dari Indonesia untuk bahan plastik dan bemper mobil. (Andari Titisari)

Mengempa Biji Mendapat Minyak

 

Keterangan Foto :

  1. Pasokan bahan baku biji kering jarak kepyar masih terbatas
  2. Minyak jarak kepyar bahan baku pelumas nonmineral, pabrik farmasi, dan pabrik cat

 

 

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img