Monday, July 15, 2024

Olahan Cabai di Lubuk Cuik, Penyelamat Harga Saat Murah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Hilirisasi cabai salah satu upaya menanggulangi fluktuasi harga yang tinggi.  Kelompok Wanita Tani Sawitri Seroja memproduksi produk turunan berbahan cabai.

Kelompok tani di Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatra Utara, itu memproduksi bubuk cabai, cabai kering, abon cabai, dan camilan rasa pedas.

“Hilirisasi berguna menanggulangi kondisi beli rugi. Kalau harga cabai tiba-tiba tidak bagus, daripada dijual rugi lebih baik dibeli dengan harga produksi untuk diolah,” ujar Sinta yang mengembangkan produk olahan cabai itu.

Ia mendapat omzet Rp7 juta—Rp8 juta dari perniagaan olahan cabai itu per bulan. Keberhasilan Desa Lubuk Cuik mengelola pertanian cabai membuat banyak orang berkunjung.

Antusias itu disambut dengan diversifikasi usaha dalam bentuk pengelolaan wisata berbasis desa wisata pada 2022. “Kami melayani wisata petik cabai. Pengunjung bebas panen dan dihitung hasil panennya,” kata Sinta. 

Ketua Kelompok Tani Tani Makmur, Salidi menuturkan terobosan itu dalam upaya menghasilkan pendapatan daerah sekaligus meningkatkan penghasilan masyarakat selain usaha tani. 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img