Wednesday, August 10, 2022

Ornamental Fish International (OFI) Meniti Industri Ikan Hias Secara Profesional

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Tak pelak, persaingan dalam bisnis ornamental aquatic pun semakin ketat. Seluruh negara seakan berpacu dengan waktu untuk menembus pasar internasional dan menjadi yang terdepan.

Tak ada yang menyangkal bila Indonesia dengan sejuta keunggulan alam seperti lahan, agroklimat, dan kualitas air yang cocok turut andil dalam mengembangkan industri ikan hias. Puluhan hingga ratusan arwana, maskoki, dan cupang berkualitas setiap tahun diimpor ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Th ailand, dan beberapa negara di Eropa. Pun tanaman hias air tawar dan terumbu karang kini menghiasi akuarium-akuarium internasional.

Agar dapat berbicara lantang dan bersaing dengan kompetitor lain, penguatan hubungan dengan berbagai organisasi internasional menjadi hal penting. Maklum, pertukaran informasi mengenai tren dan perkembangan bisnis dunia ikan hias dunia seperti produk dan teknologi baru menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan.

Ornamental Fish International (OFI) salah satunya. Organisasi dunia yang berpengaruh di kancah industri ikan hias dunia itu memiliki kedekatan dengan berbagai pihak seperti pemerintahan, eksportir-importir, dan hal-hal yang terkait dengan urusan perdagangan ikan hias. Tak heran bila lebih dari 200 perusahaan dan organisasi yang tersebar di 40 negara di dunia turut bergabung.

Kini organisasi dunia yang mewakili seluruh sektor industri ornamental aquatic dipimpin Svein A Fossa, Norwegia. Sejak 3 tahun silam ia menggantikan peran John Dawes asal Spanyol untuk lebih meningkatkan peran OFI memajukan industri ikan hias. Seperti apakah visi dan misinya di masa mendatang. Berikut cuplikan wawancara eksklusif wartawan Trubus, Rahmansyah Dermawan, pada Aquarama 2005, Singapura.

Bagaimana menurut Anda tentang Aquarama 2005?

Aquarama selalu menyajikan acara yang menarik dan berpengaruh positif bagi para ekshibitor. Even ini sangat bermanfaat bagi para profesional di dunia ikan hias dan industri akuarium karena dikelola secara serius dan profesional. Menurut saya tahun ini yang terbaik.

Jika ingin mengambil kesempatan dalam perdagangan ikan hias, apa yang harus dilakukan?

Yang dibutuhkan adalah mengetahui keinginan konsumen. Konsumen mencari ikan kualitas tinggi dengan harga yang semurah mungkin serta pengiriman barang yang baik. Banyak negara memiliki ikan bagus, tetapi tidak mempunyai transportasi pengiriman yang memadai. Akibatnya kualitas ikan turun saat tiba di tempat tujuan.

Selain itu, faktor apalagi yang berpengaruh?

Banyak negara menjual ikan yang sama dan melakukan sistem perdagangan yang serupa juga. Menurut saya hal itu tidak bagus dalam bisnis. Untuk bisa menembus pasar harus mencari sesuatu yang unik.

Kenapa harus unik?

Karena industri ikan hias berbeda dengan industri lainnya. Industri ini banyak menjual berbagai macam varietas. Contohnya India yang sedang berkembang dalam industri akuarium. Mereka mencari ikanikan lokal dan berusaha mencari jalan agar bisa menembus pasar. Menurut saya itu ide bagus dan menarik. Jika ingin memasuki industri setidaknya Anda menawarkan sesuatu yang berbeda dan belum ada di pasar.

Bagaimana ekspor dan impor dari masing-masing negara? Apakah semakin meningkat dari tahun ke tahun?

Ada beberapa negara yang penjualannya meningkat, tetapi ada juga yang turun. Menurut data statistik Singapura mengalami penurunan penjualan ikan secara internasional. Padahal, mereka sangat profesional dengan apa yang mereka lakukan.

Kenapa?

Menurut saya karena persaingan semakin ketat seperti ekspotir yang terus berkembang dan bertambah banyak. Indonesia sendiri sudah lama memulainya. Malaysia, Th ailand, dan Sri Lanka sedang mengembangkan industri ikan hias secara besar-besaran. Jadi, Singapura mengurangi perdagangannya bukan karena kualitas yang turun. Pasar memang semakin besar tetapi persaingan eksportir berkembang lebih pesat. Jadi semakin banyak negara dan perusahaan yang ingin memperkuat perdagangannya.

Kini banyak produk-produk yang sangat berpengaruh untuk tetap menjaga tren ikan hias, bagaimana menurut Anda?

Kita membutuhkan keduanya. Kita membutuhkan produk yang bagus dan promosi untuk tetap menjaga tren ikan hias. Seperti acara (Aquarama, red) ini dapat mempromosikan ikan hias.Ribuan orang datang sejak pembukaan hingga penutupan nanti. Mereka tidak hanya datang, tetapi tertarik untuk melihat potensi perdagangan ikan hias. Maka industri ikan hias harus mencari jalan untuk tetap menjaga ketertarikan konsumen pada ikan dan akuarium.

Di Indonesia, banyak permasalahan dalam industri ikan hias seperti karantina dan peraturan-peraturan perdagangan. Apakah itu akan membuat tren ikan turun?

Yang jelas itu akan membuat lebih rumit bagi industri untuk berkembang. Memang peraturan-peraturan itu tidak bisa dicegah. Itu berlaku dari dahulu hingga sekarang. Yang dapat dilakukan oleh industri ikan hias termasuk OFI adalah melakukan dialog dengan pembuat peraturan untuk meyakinkan bahwa peraturan tersebut dapat dipatuhi sehingga ada perdagangan yang adil dan berkesinambungan.

Apa misi dan visi Anda sebagai Presiden OFI?

Sangat sulit diterjemahkan dalam beberapa kata. Misinya adalah membantu industri yang kurang mampu mempersiapkan peraturan-peraturan dan mendorong agar terus aktif berkembang. OFI siap membantu merencanakan peraturan-peraturan dalam bisnis dan memecahkan masalah agar industri ikan hias dan akuarium semakin meningkat. Dan itu harus dilakukan secara profesional.

Kita harus lebih baik dalam mengontrol penyakit dan kesehatan ikan. Banyak perusahaan yang sudah mengelolanya dengan baik, tetapi ada juga yang belum. Semuanya bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik untuk tetap bertahan dalam industri ini, setidaknya 20 tahun dari sekarang. Saya yakin kita akan berhasil walaupun itu tugas yang sangat berat. Bekerja bersama, berdiskusi bersama dan sadar bahwa peraturan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari tetapi dikelola dengan baik.

Bagaimana prediksi Anda tentang tren ikan hias dua tahun mendatang setelah Aquarama 2005 hingga 2007 nanti?

Prediksi saya, kita akan memiliki banyak produk lain di pasaran. Mungkin kita akan melihat banyak inovasiinovasi baru. Selain itu saya juga berharap penampilan Aquarama akan semakin baik di tahun-tahun berikutnya.

Saya telah bergabung dalam industri ini selama beberapa tahun. Ada perusahaan yang naik dan ada pula yang turun. Jika dilihat rata-rata kualitas ikan meningkat setiap waktu. Saya optimis akan masa depan. Saya rasa industri akan bertahan. Semua orang dalam industri ini harus sadar untuk bekerja secara profesional dan serius. Kita harus sadar bahwa kita tidak memerintah dunia. Tetapi kita hidup dalam aturan yang dibuat orang lain. Itu hal yang harus ditekankan. ***

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img