Monday, November 28, 2022

Pameran Back to Back 2007 : Lakon 30 Menit Amaretto

Rekomendasi

Kesuksesan itu meruntuhkan harapan KDI Ch. Gilda Von Heilsenberg, peraih Dobermann of the Year 2006 dan Championship Dog Show 2007 untuk menyapu gelar terbaik. ‘Amaretto terlihat sangat powerfull,’ ujar Dedy Tjahjono, ketua juri.

Ketangguhan Amaretto sudah tampak sejak awal lomba. Gaya larinya yang energik mengundang decak kagum banyak peserta. ‘Penampilannya memang luar biasa.’ tutur Edi Budiono, panitia kontes. Keunggulan itu semakin mencorong dengan postur tubuh yang harmonis. ‘Lihat siku depan dan belakangnya juga sempurna,’ tambah Edi. Pesaingnya KDI Ch. Gilda Von Heilsenberg milik Suherman Hermanto asal Jakarta sebetulnya lebih unggul dibanding Amaretto. Namun, karena saat lomba terlihat kurang lincah berlari, ia pun tersingkir.

Tak hanya Gilda Von Heilsenberg yang dipecundangi Amaretto, langganan juara lain seperti Harmonic Yori milik Harmonic Glory asal Jakarta dan KDI-CH. Gringgo Von Indische Stamm jagoan Hendro H dari Jakarta pun takluk. Menurut Fajar, Asisten juri, para pesaing itu masih kalah agresif dibandingkan sang kampiun.

Jalan terjal

Jalan terjal harus dilewati Amaretto untuk meraih takhta tertinggi. Awalnya ia mendepak 8 pesaing lain untuk merebut best of breed (BOB). Rival terberat datang dari Ruslan De Grande Vinko yang tampil elegan. Wajar bila Dedy Tjahjono kesulitan menentukan kampiun. Juri yang pernah bekerja di salah satu kennel ternama di North California, Amerika Serikat itu, sampai perlu mengulang tes berlari semua kontestan sebelum menunjuk Amaretto sebagai kampiun BOB.

Di babak winner dog, Gem Giveeon Rebel King dinobatkan jadi pemenang. Anjing kelahiran September 2005 itu berhasil menyisihkan 2 rival utama:langganan jawara BOB, Jared Von RCA Kennel, dan Lorenzo Von Outrigers. ‘Sosok dan temperamen kedua anjing itu bagus. Namun, saat berlari mereka masih terlihat kurang lincah,’ kata Kurniawan, pengunjung kontes.

Perebutan best in exhibition, Amaretto kembali menyisihkan 6 lawan beratnya. Contoh Louise Von Outrigers. Harapan Suherman asal Jakarta itu memiliki postur tubuh proporsional, tulang kokoh, dan langkah mantap. Tak heran penonton pun bersorak setiap kali Louise tampil di arena lomba. Menurut Ari, hobiis di Kemayoran, Jakarta Selatan, Louise kalah karena di akhir penilaian, siku belakang terlihat kurang sempurna.

Memukau

Sengitnya persaingan menjadi terbaik juga terjadi di kategori betina. Di kelas remaja misalnya, Dewi Von Harmonic’s Glory dan Harmonic Cathy harus mengakui keunggulan Harmonic’s Carine. Carine unggul karena memiliki kepala dan leher panjang. Langkahnya pun harmonis. ‘Keistimewaan itu tidak bisa dimiliki dobermann lain,’ ucap Dedy. Wajar gelar best futurity pun disabetnya.

Kelas anakan C juga seru. Sebanyak 8 anjing asal Jakarta, Bandung, Bogor, Karawang, dan Surabaya, beradu molek menarik perhatian juri. Harmonic’s Jolanda milik Bambang S asal Jakarta keluar sebagai juara. Berbekal bulu hitam solid dan halus di sekujur tubuh serta rahang lebar, ia memikat hati juri. ‘Anatomi dan temperamennya bagus,’ ujar Dedy. Keturunan Explorer Von Betelges dan Harmonic Angel Von Rainbow itu pun mempunyai keseimbangan kaki dan siku sempurna.

Pesaing sang kampiun, Gravin Vita Von Neerland Stamm, jagoan Premiere Bob asal Jakarta muncul jadi musuh terberat. ‘Tubuh proporsional dan ekspresinya bagus,’ ujar Christian, kontestan lomba. Namun, karena gigi kurang sempurna dan larinya lambat, anjing berumur 9 bulan itu pun terdepak dari tangga juara.

Kontes bertajuk Pameran Back to Back KDI Dobermann Show 2007 itu diadakan dalam rangka mempererat tali persahabatan di antara para penggemar dobermann di tanahair. Menurut Edi Budiono, animo masyarakat pencinta dobermann kini semakin bertambah. ‘Terbukti ratusan pengunjung antusias menikmati pertandingan hingga usai,’ katanya. (Hermansyah)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Bisa Jadi Pilihan Petani, Ini Kelebihan Varietas Cabai Jacko 99

Trubus.id — Pilihan varietas cabai menjadi salah satu penentu hasil panen yang akan didapatkan. Oleh karena itu, petani harus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img