Friday, August 12, 2022

Pameran Multitrah Back to Back IPC-Perkin Jaya Stamina Prima Hudson

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Hasilnya? Selain paling tangguh, hudson pun didaulat sebagai best in exhibition (bie) show ii pameran multitrah back to back ipc jaya-perkin jaya 2009.

 

 

Sejak awal Hudson tampak berpeluang menjadi kandidat juara. Trah golden retriever berumur 5 tahun itu tampil ceria. Ia aktif bergerak sambil mengibasngibaskan ekor. Di mata Iain James Hinde, juri Australia, penampilan itu memikat. Untuk membuktikan penilaiannya tak salah, Iain mengetes stamina Hudson melawan para rival dari trah welsh corgi, mini dachshund, dan whippet. ‘Fisiknya benar-benar bagus,’ ujar Iain yang menerapkan sistem penjurian seperti di negeri asalnya.

Prestasi itu menjadi awal kebangkitan Hudson. Selama 2007 Hudson mengantongi kurang lebih 2 juara BIE dan best in show (BIS) di berbagai kontes. Kinerja itu melorot pada 2008. Paling pol menjadi juara kedua. Di tahun tikus itu berbagai juara justru diraih secara bergantian oleh trah-trah kecil seperti pomeranian, mini pinscher, dan pekingese.

Dominasi trah kecil

Ina Ch Star Pom’s Nubby, pomeranian yang berkali-kali menggusur Hudson pada lomba 2008, kali ini tak berkutik. Klangenan Acun dari Bandung itu hanya merebut reserve BIE. Musababnya, ‘Gerakan kakinya sempat tersendat. Mungkin akibat lelah,’ kata Iain.

Dominasi trah kecil terasa kuat pada pemilihan BIE puppy. Di sana Pomindo Beautiful Stranger muncul sebagai juara. Pomeranian berumur 5 bulan itu istimewa karena fisiknya gempal dengan corak bulu kombinasi cokelat muda dan hitam. Meski anjing bertubuh mungil itu sempat terpeleset saat mengitari arena, gerakan kakinya tetap seirama dengan sang handler.

Keistimewaan serupa dimiliki Lavenia Rock My World. Pekingese berumur 8 bulan milik Herni Nartita dari Bandung itu malah punya bulu yang lebih tebal dengan kombinasi warna abu-abu, cokelat, dan hitam. Namun karena dianggap kurang lincah, juri hanya mendapuk Levina sebagai reserve BIE puppy.

Dua show

Kontes di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 8 Februari 2009 itu terbagi dalam 2 show. Babak final show I berlangsung 30 menit sebelum pemilihan BIE show II. Pada show I Hudson terpilih sebagai kampiun. Ekarat Sangkunakup, juri asal Thailand, jatuh cinta pada Hudson karena,’Penampilannya sempurna. Itu tampak dari bulu yang tebal dan halus. Langkah kakinya juga bebas,’ ucapnya.

Nubby yang menjadi pesaing utama kesulitan menghadangnya. ‘Saat itu Hudson memang dalam kondisi prima baik fisik maupun mental. Karena itu penampilannya paling menonjol,’ kata Ekarat. Alhasil, pomeranian itu menempati reserve BIE. Hal yang sama juga menimpa Mal Ina Ch Takeshi La Gailard. Pekingese peraih BIE pada Pameran Multitrah Back to Back KDI Jaya-Perkin Jaya Desember 2008 itu sulit mengimbangi stamina Hudson.

Kejayaan trah golden terhenti saat pemilihan BIE puppy. Bermodalkan tubuh proporsional BJ House Jungle King pomeranian, yang berbulu cokelat tua terpilih sebagai juara. ‘Meski muda (umur 8 bulan, red), sosoknya sudah mendekati standar Austein Von Golden King,’ ujar Ekarat. Pesaingnya BJ House Jungle King, best of breed (BOB) Golden retriever kalah karena penampilannya belum matang. Langkah klangenan Edi Limbano di Jakarta itu kurang bebas.

Lomba yang diikuti lebih dari 320 kontestan dari Jakarta, Solo, Bandung, dan Bali itu diselenggarakan oleh Indonesia Pomeranian Club (IPC) dan Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin) Jaya. Menurut Suwenda Saptari, ketua Perkin Jaya, kontes itu sekaligus menjadi ajang mengukur kualitas trah besar, sedang, dan kecil yang dimiliki hobiis di tanahair. (Lastioro Anmi Tambunan)

Previous articleDaun Ungu
Next articleAglaonema Terbaik Indonesia
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img