Sunday, July 14, 2024

Panen Jambu Madu Bermutu

Rekomendasi
- Advertisement -

Hadinata Harlen rutin memasok 1.500 kg jambu madu deli hijau berkualitas tinggi setiap hari.

Jambu madu.
Jambu madu.

Kesibukan Eka Pramana Hadinata Harlen tak pernah kendur. Setiap hari pekebun dan pedagang jambu madu deli hijau di Stabat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, selalu mengirim buah ke Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Pekanbaru (Riau), Batam (Kepulauan Riau). Sesekali Harlen mengirimkan buah jambu madu ke Surabaya, Provinsi Jawa Timur, dan Bandung (Jawa Barat).

Eka Pramana Hadinata Harlen, memasok MDH 1.500 kg/hari
Eka Pramana Hadinata Harlen, memasok MDH 1.500 kg/hari

“Itu karena setiap hari kami bisa menghasilkan 1,5 ton buah. Bahkan permintaan naik terus,” kata Hadinata Harlen. Mantan karyawan bank itu mengirim sangat banyak bibit jambu madu ke berbagai kota Jawa pada lima tahun terakhir. Namun, sampai sekarang, belum ada pekebun yang memproduksi buah. Menurut Harlen, pada pembuahan perdana pada umumnya bagus. Jambu madu deli hijau berbuah perdana pada umur setahun.

Kualitas buah relatif ajek hingga pembuahan ke-4. Setelah pembuahan ke-5, kualitas buah mulai turun. Citarasa tak semanis pada pembuahan pertama. Namun, dengan budidaya tepat, Harlen mampu mempertahankan kualitas jambu deli hijau. Buktinya pasar di berbagai kota selalu menunggu pasokan buah jambu madu deli hijau dari kebun Harlen. Inilah rahasia Harlen memperoleh jambu bermutu tinggi. (Syah Angkasa)

Persiapan tanam

Bunga dan Buah

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Khasiat Daun Ketepeng Cina, Berpotensi Kendalikan Kadar Kolesterol Darah

Trubus.id—Daun ketepeng cina berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah. Itulah hasil riset Nisa Khoirila dan Muhammad Walid dari program Studi...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img