Saturday, June 22, 2024

Pasarkan Sayur Organik Lewat daring, Pangkas Rantai Pasok Tataniaga

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Beragam laman dan aplikasi penjualan sayuran dan buah menguntungkan petani sekaligus memudahkan konsumen memperoleh produk berkualitas. Menurut Prof Dr. Tomy Perdana, S.P., M.M., kehadiran aplikasi dan laman penyedia produk pertanian petani di sentra.

Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, itu menuturkan manfaat lainnya kehadiran aplikasi dan laman daring itu yakni memangkas rantai pasok sehingga lebih pendek. Selain itu konsumen mendapatkan produk berkualitas dengan harga lebih rendah.

Konsumen di perkotaan dengan segala kesibukannya terbantu dengan adanya aplikasi dan laman itu. “Saat ini zamannya economy sharing. Semua pihak mesti berkolaborasi agar dapat berkembang,” kata Tomy. 

Misal pengelola laman dan aplikasi penyedia produk pertanian bekerjasama dengan transportasi daring untuk pengiriman produk ke konsumen.  Produsen sayur organik Shofyan Adi Cahyono di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pun memanfaatkan pemasaran daring untuk sayuran produksinya.

Pada 2014 Shofyan mendirikan Sayur Organik Merbabu Farm melalui Facebook dan Instagram. “Tujuan saya memanfaatkan media sosial untuk memudahkan penjualan sayuran. Kini hampir semua orang memegang telepon seluler dan itu peluang,” kata Shofyan.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Kecipir, Tantyo Bangun, kehadiran aplikasi rintisannya untuk menjembatani antara petani sayuran organik dan konsumen. Tantyo mengamati permintaan sayuran organik ada, produksi mulai berjalan, tapi masyarakat belum merasakannya.

Harap mafhum lazimnya petani membudidayakan beragam sayuran organik dengan jumlah produk terbatas per jenis. “Tujuan Kecipir ingin menjadikan sayuran organik menjadi sayuran biasa lagi,” kata pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur.

Dengan kata lain memasyarakatkan sayuran organik karena dahulu para orang tua juga mengonsumsi sayuran organik. Alasannya dahulu belum ada pestisida dan pupuk kimia.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img