Monday, November 28, 2022

Patikan Kebo Penangkal Sesak

Rekomendasi

Berbagai macam obat telah dicoba, tetapi derita itu tak kunjung usai. Berkat minum rebusan herba patikan kebo seperti anjuran Ardiansyah, menantunya, kini Yusuf terbebas dari asma.

Dalam mengobati asma, herba patikan kebo berlaku sebagai antibronchial atau gangguan bronkus. Bronkus (saluran nafas bagian dalam) penderita asma bersifat hiperaktif terhadap berbagai rangsangan. Saluran nafas akan mengerut dan menyempit jika terkena rangsangan tertentu.

Selaput lendir membengkak, produksi lendir pun banyak dan kental. Itulah sebabnya pernafasan terganggu dan terasa sesak. Debu rumah, asap rokok, udara dingin, makanan atau minuman tertentu, serta aktivitas fi sik berlebih kerap memicu kambuhnya asma.

Kandungan kimia pada kukonkukon —patikan kebo di Jawa—mengobati gejala yang timbul akibat kelainan pada bronkus. Peradangan selaput lendir, kejang tenggorokan, dan batuk sembuh dengan herba itu.

Ibu hamil jangan

Uji farmakologi menunjukkan, patikan kebo Euphorbia hirta bersifat antispasmodik atau pereda kejang dan memperkuat daya antihistamin. Sifat itu muncul karena adanya kandungan alkaloid. Uji invitro pada ileum marmut, herba patikan kebo menyebabkan relaksasi dan kontraksi otot polos. Asam sikamat dan kolina, dua senyawa yang berperan.

Kandungan lain ialah senyawa fl avonoid seperti leukosinidin, kuersetin, kuersitrin, dan xantoramnin. Selain itu juga ada kelompok terpenoid, misal α-amirin, β-amirin, tarakserol dan ester-esternya, fridelin, dan kelompok sterol, seperti kampesterol, sitosterol, dan stigmosterol. Senyawa lain, zat-zat alkana, inositol, asam-asam fenolat seperti asam elagat dan asam sikamat, senyawa gula.

Penggunaan patikan kebo sebagai obat asma juga dikenal di Hongkong, Australia, dan negara-negara Barat. Masyarakat Barat menyebutnya atsma plant. Seluruh bagian tanaman di atas permukaan tanah, disebut herba, berkhasiat sebagai obat. Ambil saat tanaman berbunga. Setelah dicuci dan ditiriskan, potong-potong sepanjang 3—4 cm. Kemudian keringkan di bawah sinar matahari dengan alas tikar atau anyaman bambu.

Sediaan obat patikan kebo berupa serbuk herba yang telah dikeringkan, segar, dan ekstrak encer. Ekstrak dibuat dengan menyarikan 1 bagian serbuk herba dengan 1 bagian etanol 45%. Sediaan lain berupa tingtur yang diperoleh dengan mengekstraksi 1 bagian serbuk herba dengan 5 bagian etanol 60%.

Meski tak bersifat toksik, hindari penggunaan berlebihan dan terus-menerus. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi patikan kebo. Sifat patikan kebo yang menyebabkan relaksasi dan kontraksi otot polos, terjadi tak hanya pada sang ibu, tapi juga pada janin atau anak yang sedang disusui.

Antitumor Selain

menyembuhkan asma, masih banyak khasiat lain patikan kebo. Tetesan getah berwarna putih mengatasi gangguan mata. Rebusan herba segar menghentikan gangguan intenstinal karena bersifat antibakteri. Secara invivo, nanangkaban begitu masyarakat Sunda menyebutnya, juga menunjukkan aktivitas antitumor.

Sayang, meski multimanfaat tak banyak orang tahu tanamannya. Patikan kebo berbatang tegak dan berbulu, tinggi hanya 20—30 cm. Cabang keluar dari dekat pangkal batang dan tumbuh tegak, berwarna merah atau ungu. Daun berbentuk jorong meruncing sampai tumpul. Letak daun saling berhadapan dengan panjang helai 4—5 cm dan lebar 1 —2 cm. Tepi daun bergerigi, terdapat noda-noda ungu. Bunga berbentuk bola berdiameter 1 cm keluar dari ketiak daun. Warnanya dadu pucat atau merah kecokelatan. Biji sangat kecil dan berbulu.

Keluarga Euphorbiaceae itu tumbuh liar di rerumputan dan mudah dijumpai di tepi jalan, tanggul, tegalan, serta kebunkebun berketinggian 1—1.400 m dpl. Tanaman sederhana yang sarat khasiat itu perlu penanganan lebih lanjut untuk digunakan secara intensif. (Djoko Hargono, pemerhati obat alami)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Bisa Jadi Pilihan Petani, Ini Kelebihan Varietas Cabai Jacko 99

Trubus.id — Pilihan varietas cabai menjadi salah satu penentu hasil panen yang akan didapatkan. Oleh karena itu, petani harus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img