Wednesday, September 28, 2022

Pelindung Jantung

Rekomendasi

TRUBUS — Banyak tanaman obat berkhasiat mengatasi penyakit jantung.

Nyeri di dada kiri Budi Hartawan—bukan nama sebenarnya—bukan sakit biasa. Hasil pemeriksaan menunjukkan Budi menderita penyakit jantung. Dokter menyarankan Budi memasang ring di jantung. Ia pun mematuhi petunjuk dokter demi kondisi kesehatan yang lebih baik. Sayangnya, tidak ada perubahan berarti. Bahkan selang 5 tahun Budi mesti memasang ring lagi. Total jenderal ada 2 ring di jantung Budi. Ia pun rutin mengonsumsi obat pengencer darah.

Meski 2 ring terpasang di jantung, Budi tidak menjalani pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Dampaknya ia mengalami obesitas dan gagal ginjal sekaligus. Budi pun mesti menjalani hemodialisis 3 kali sepekan. Komplikasi penyakit memperburuk keadaan Budi. Ia pun mengembuskan napas terakhir akibat serangan jantung pada 2017. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan menyatakan, penyebab kematian nomor satu adalah penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung.

Khasiat herbal

Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat, dr. Benyamin Intosius.

Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat, dr. Benyamin Intosius, mengatakan penyakit kardiovaskuler merupakan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah atau disebut jantung koroner. “Penyakit jantung koroner merupakan gangguan yang timbul akibat endapan lemak di dinding arteri. Akibatnya suplai darah menuju sel-sel jantung terganggu.

Gejala awal berupa nyeri dada. Kondisi lebih parah berupa serangan jantung (infark mikokard) yang mengakibatkan kematian,” kata dokter alumnus Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, itu. Kolesterol tinggi salah satu faktor penyebab jantung koroner. Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol tinggi bila  kadar kolesterol darah total melebihi 200 mg/dl dan low density lipoprotein (LDL) lebih dari 100 mg/dl. Pencetus lain terjadinya jantung koroner yakni diabetes melitus, hipertensi, obesitas, riwayat keturunan, kurang aktivitas fisik, dan stres.

Budi mengidap hipertensi karena kedua orang tuanya pun menderita gangguan kesehatan serupa. Dokter di klinik Hortus Medicus, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dr. Danang Ardiyanto, mengatakan banyak bahan alam yang berkhasiat sebagai terapi jantung koroner. Pada kasus penyakit herbal lebih sesuai untuk tindakan promotif-preventif dan terapi komplementer/adjuvan.

“Bahan alam, herbal, atau jamu bukan untuk kasus gawat darurat,” kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Ia menyayangkan masih banyak stigma negatif terhadap herbal atau bahan alam seperti tidak bermanfaat secara medis, tidak praktis, berbahaya terhadap organ vital (ginjal dan hati), dan tidak ada bukti ilmiah. Padahal banyak riset ilmiah yang mengungkapkan potensi khasiat kesehatan bahan alam.

Riset M. C. Chang dan rekan dari Biomedical Science Team, Chang-Gung Institute of Technology, Taoyuan, Taiwan, membuktikan kandungan hidroksikavikol dalam daun sirih berpotensi mencegah penyakit kardiovaskular melalui aktivitas antiinflamasi dan antiplatelet tanpa mengganggu fungsi homeostatis atau penghentian pendarahan. (Hanna Tri Puspa Borneo Hutagaol)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img