Monday, August 8, 2022

Peluang Pertanian 2021

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

“The savior of economy” julukan untuk sektor pertanian ketika masa pandemi korona. Sektor pertanian menjadi penyelamat ekonomi ketika krisis. Berdasarkan data statistik pertanian menjadi satu-satunya sektor ekonomi yang tetap positif pertumbuhannya selama pandemi korona. Produk Domestik Bruto sektor pertanian tumbuh 16,24% pada kuartal kedua 2020. Apa investasi yang berprospek pada 2021?

Majalah Trubus mengundang para pemain agribisnis untuk meneropong tren bisnis pertanian pada 2021. Di sektor buah, misalnya, ada Dr. Ir. Mohammad Reza Tirtawinata, M.S. yang menganalisis komoditas berpeluang bisnis. Reza yang menempuh pendidikan Pomologi di Institut Pertanian Bogor memprediksi durian, avokad, dan lengkeng yang berprospek bagus untuk dikembangkan.

Mengutip ahli Komunikasi Massa, Denis McQuail, media massa juga berperan sebagai petunjuk dan pemandu. Media menunjukkan arah dan memberikan makna sekaligus sebagai forum atau pijakan presentasi informasi dan ide kepada khalayak. Itulah sebabnya redaksi berupaya menyajikan alternatif sebanyak mungkin antara lain meliputi sayuran, tanaman hias, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

Jika ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan agribisnis, silakan pembaca yang budiman bergabung dalam Kelas Trubus mengikuti pelatihan. Pelatihan luring atau offline pada 16 Januari 2021 bertema prospek bisnis dan budidaya kapulaga. Kelas Trubus lain pada 23 Januari 2021(prospek bisnis dan budidaya itik), 30 Januari 2021 (pengolahan minyak asiri). Selamat menikmati sajian kami. ***

Salam

Sardi Duryatmo

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img