Thursday, December 8, 2022

Pembengkakan Bernanah

Rekomendasi

Pada awalnya kecil kemudian menghilang. Namun, beberapa bulan kemudian muncul kembali sampai akhirnya membesar dan memanjang (±7 cm x 4 cm) sehingga untuk duduk saja susah, apalagi berjalan. Bengkak itu di dalam daging (tidak muncul di permukaan kulit), tidak berbentuk kerucut seperti bisul, dan tidak ada luka di permukaan.

 

Setelah 2 kali ke dokter umum, benjolan pecah dan mengeluarkan banyak nanah, sedikit darah, dan bau busuk. Sebelum pecah, ia merasakan sakit luar biasa. Sampai saat ini bekas luka keluar nanah. Luka kadang kering dan kadang bengkak kecil serta mengeluarkan nanah lagi. Sekarang timbul bengkak di belakang anus dekat tulang ekor (pindah tempat dari bengkak yang lama). Padahal, luka bekas bengkak yang lama belum sembuh. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Apa penyakitnya?
  2. Apakah ada ramuan tradisional untuk mengobati penyakit itu?
  3. Adakah makanan yang harus dipantang?
Win AH., Amd.
GRIYA “WIDYA LESTARI”
Jl. Gunung Srandil 390/27
Karangwangkal, Purwokerto,
Banyumas 53123

R. Broto Sudibyo BSc.

Penyakit itu perlu mendapat penjelasan atau diagnosis dokter, karena dikhawatirkan sejenis kista. Sebab, kalau hanya bisul, setelah pecah umumnya akan sembuh. Untuk itu cobalah tanyakan kepada dokter yang merawat, agar dapat dibuatkan resep yang tepat. Untuk sementara, teman Anda dapat mencoba resep berikut ini.

Makanan yang dipantang antara lain yang banyak mengandung lemak, ikan air tawar dan air laut, sayur nangka, keluwih dan kol. Selain itu hindari makan duren.***

Resep 1

Bahan

  • Rimpang temu putih ( Curcuma zedoaria) 4 jari tangan
  • Rimpang temu mangga ( Curcuma mangga)3 jari tangan

Cara membuat

Semua bahan dikupas, dicuci lalu diiris tipis-tipis. Direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tinggal 3 gelas. Ramuan diminum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas pada pukul 08.00 dan 18.00. Ramuan itu dikombinasi dengan ramuan dibawah ini.

Resep 2

Bahan

  • Daun dan batang benalu jeruk nipis dicacah 1 genggam
  • Daun sambiloto segar 11 lembar
  • Rimpang kunyit sebesar telur ayam 1 biji

Cara membuat

Kunyit dikupas, dicuci dan diiris. Rebus bersama bahan lain dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Setelah disaring, ramuan diminum dua kali sehari sesudah makan masing-masing + gelas, yaitu pada waktu siang pukul 13.00 dan pukul 20.00.

Gondok Menahun

Saya ibu berusia 37 tahun menderita gondok sejak dua tahun lalu. Saat ini sebesar telur ayam. Dokter menyarankan untuk operasi. Namun karena saya takut, sampai sekarang hanya diberi obat tetes. Saya mohon bantuan Bapak membuatkan resep untuk penyakit gondok.

Nurlaela
Sukotirto RT 20 RW 5, Puro,
Karangmalang, Sragen 57291

R. Broto Sudibyo BSc.

Gondok perlu diobati sedini mungkin dan butuh perawatan harian. Makanan yang dipantang yaitu ikan air tawar dan laut, kol, serta nangka muda. Makanan berlemak dan pedas sebaiknya dikurangi. Usahakan pikiran setenang mungkin, jangan stres atau emosional. Hindari marah sebab gondok akan semakin membesar karena tegang. Bagian yang sakit jangan sering dipegang dan ditekan. Obatnya, cobalah resep berikut ini.***

Obat luar

Resep

Bahan

  • Daun simbar menjangan yang agak muda 5 jari tangan
  • Rimpang kunyit sebesar telur ayam 1 biji

Cara membuat

Kunyit dikupas dan dicuci. Tumbuk bersama daun simbar menjangan sampai benar-benar lembut. Oleskan pelan-pelan pada gondok. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Obat yang diminum

Resep

Bahan

  • Daun dan batang benalu jeruk nipis yang dicacah 1/2 genggam
  • Rimpang temu putih 4 jari tangan
  • Rimpang temu mangga  3 jari tangan
  • Daun sambiloto segar  7 lembar

Cara membuat

Temu putih dan temu mangga dikupas, dicuci lalu diiris tipis-tipis. Rebus bersama bahan-bahan lain dalam 5 gelas air sampai mendidih dan tersisa 3 gelas. Saring, lalu diminum 3 kali sehari seudah makan masing-masing 1/2 gelas selama 1 bulan.

Lumpuh

Kakek saya berusia lebih dari 80 tahun. Secara fisik masih tergolong sehat dan kuat bila dibanding usianya. Namun, sekarang ia terbaring sakit dan lumpuh separuh (tangan dan kaki kanan). Awalnya sakit kepala yang cukup berat, muntah-muntah, dan tidak dapat berbicara dengan jelas hingga beberapa hari.

Saat ini tangan kanan bisa digerakkan sedikit, sedangkan kaki kanan belum sama sekali. Cara berbicara, penglihatan, maupun nafsu makan normal. Namun bila akan duduk, harus dibantu bangun dari pembaringan. Oleh karena itu saya mohon Bapak bersedia memberikan resep obat tradisional yang dapat menyembuhkannya.

Abdul Syukur
Yayasan Bina Insan Mandiri (BIM)
Jl. Gunung Lompobatang No. 16
Perumahan Bukit Sekatup Damai,
Bontang

R. Broto Sudibyo BSc.

Ada beberapa penyebab kelumpuhan. Sayangnya Anda tidak menyebutkan penyebabnya. Pusing gejala akhir dari kelumpuhan yang bisa disebabkan darah tinggi, kencing manis, atau kolesterol tinggi. Berhubung tidak disebutkan penyebabnya, kami hanya dapat memberikan resep untuk mengembalikan saraf yang lumpuh. Proses pengobatan butuh waktu lama bila penyebabnya tidak diketahui.***

Resep

Bahan

  • Daun gandarusa 1/2 genggam
  • Daun kecubung wulung  3 lembar
  • Kayu sintok 1 jari tangan
  • Akar pohon pepaya gantung 5 jari tangan
  • Minyak kelapa 1/2 gelas
  • Minyak kayu putih 3 sendok makan
  • Minyak gondopuro 1 sendok makan

Cara membuat

Daun gandarusa, daun kecubung, kayu sintok, dan akar pepaya dicuci dan diiris tipis. Masak dengan minyak kelapa selama 5 menit atau sampai benar-benar mendidih. Angkat dan setelah dingin disaring. Masukkan ke dalam botol bersih. Tambahkan minyak kayu putih dan minyak gondopuro, dikocok sampai benar-benar tercampur. Gunakan minyak ini untuk mengurut atau memijat bagian-bagian yang lumpuh setiap dua kali sehari.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img