Thursday, February 29, 2024

Penyebab Burung Muraibatu Medan Bersuara Serak dan Tidak Nyaring

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Muraibatu medan bersuara serak dan tidak nyaring bisa disebabkan oleh kroto yang basi atau busuk. Atau, voer kotor dan berjamur, serta air minum jarang diganti. Kroto, pakan favorit muraibatu merupakan telur semut muda yang baru menetas dan masih berwarna putih.

Kroto didapat dari sarang semut rangrang. Waktu diambil dari sarang masih bercampur dengan semut muda dan semut tua yang sudah mati. Oleh karena itu, kroto harus dibersihkan terlebih dulu.

Bila ketersediaan kroto cukup, burung hanya memakan kroto yang masih putih. Jika jumlahnya sedikit dan belum kenyang, muraibatu akan memakan semut dewasa, anak semut, dan cangkang telur.

Kroto cepat basi dan mudah mengeluarkan bau busuk. Untuk itu, biasanya hobiis burung atau pedagang kroto menyimpan kroto di dalam lemari es. Bahkan, ada yang menyimpannya di bagian freezer sehingga kroto membeku.

Jika kroto yang masih dingin atau beku ini diberikan, suara burung bakal serak. Demikian pula dengan voer. Anda sebaiknya menyimpan di tempat tertutup dan kering agar tidak terkontaminasi debu dan cendawan.

Voer juga dapat bercendawan jika tepercik air. Jangan lupa cangkir dan tempat minum harus dibersihkan tiap hari. Air minum sebaiknya dimasak terlebih dulu supaya lebih higienis, tidak cepat berlumut, dan tidak cepat bau.

Pengobatan

Pemberian dosis voer sebaiknya satu sendok makan per hari. Sebagai bahan tambahan, kroto dan lima jangkrik brondol (jangkrik muda yang belum tumbuh bulu dan dipotong kakinya). Jangkrik diberikan dua kali sehari, yaitu pagi dan siang.

Jika burung mau makan buah, sediakan pepaya matang untuk mengurangi serak. Sebenarnya, di alam, muraibatu sering ditemukan tengah menyantap buah-buahan.

Namun, agar lebih cepat sembuh beri minuman larutan pereda panas dalam siap minum yang banyak ditemukan di pasaran. Larutan ini setiap hari diganti dengan yang baru. Jika dalam tiga hari belum ada perkembangan, beri Soluprim Antibacterial.

Sebagai alternatif, perasan air daun saga dicampur dalam air minum. Perlu diingat, jangan campur perasan dengan larutan pereda panas dalam tadi.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img