Tuesday, February 27, 2024

Penyumbang Aroma

Rekomendasi
- Advertisement -
Juanto, karyawan Koperasi Kopi Merapi, memperlihatkan biji kopi siap sangrai.
Juanto, karyawan Koperasi Kopi Merapi, memperlihatkan biji kopi siap sangrai.

Selain proses pascapanen, tanaman di sekitar tanaman kopi pun mempengaruhi aroma kopi. “Jika di sekitar tanaman kopi terdapat pohon jeruk maka aroma biji kopi setelah seduh cenderung memiliki aroma jeruk,” ujar petani kopi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Sumijo. Menurut Sumijo selain jeruk, tanaman lain yang memiliki aroma khas antara lain bunga melati dan buah nangka.

Kini Sumijo sengaja menanam satu pohon nangka di sekitar 10 pohon kopi miliknya. “Armoa khas itu akan tercium setelah kopi diseduh,” ujar pria kelahiran 25 Juni 1975 itu. Namun menurut pria 41 tahun itu aroma hanya bersifat sementara dan bisa lenyap karena proses penyangraian biji kopi yang terlalu lama dan penyajian menggunakan air yang terlalu panas. Namun, menurut Prof Dr Ir DJoko Pururnomo MP, Dosen Fisiologi Tumbuhan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, kemungkinan biji kopi memiliki aroma buah seperti nangka sangat kecil karena berbeda famili. “Jika tanaman yang ditanam masih satu famili kemungkinan aroma buah dapat tercium sama karena terjadi penyerbukan silang,” ujarnya. Aroma khas buah tertentu biasanya terjadi akibat terlepasnya berbagai senyawa aromatik dari hasil perombakan senyawa golongan fenol atau isoprenoid yang terjadi pada proses pemasakan buah. (Ian Purnama Sari)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Inovasi Pakan Itik: Riset Ilmiah Membuktikan Eceng Gondok Terfermentasi Meningkatkan Bobot Itik

Trubus.id—Riset ilmiah membuktikan eceng gondok terfermentasi meningkatkan bobot itik. Siska Fitriyanti, S.Si, M.P., peneliti muda di Badan Penelitian dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img