Wednesday, August 10, 2022

Perang Sound System

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

  1. Apakah perlu dibangun tembok yang tinggi sebagai pemisah?
  2. Apakah ada usaha-usaha sportif yang bisa mengalihkan pengaruh sound system itu?
  3. Bagaimana cara memanen sarang agar burung tidak pindah?
Tohari
Jl. Merdeka No. 45 Cirebon 45111
Boedi Mranata

Dengan berkembangnya ilmu perwaletan sekarang ini, persaingan teknologi juga semakin ketat. Pemilikpemilik yang ketinggalan teknologi, suatu ketika akan mengalami penurunan produksi secara drastis. Sebab, walet akan pindah ke rumah-rumah di sekitarnya yang lebih canggih.

  1. Tembok tinggi sebagai pemisah sering merupakan suatu keharusan untuk memisahkan uang
  2. terbang burung antara rumah kita dan rumah tetangga. Itu terjadi, terutama kalau arah  terbang walet menuju arah rumah tetangga. Dengan adanya tembok pembatas yang tinggi, walet-walet akan membuat arah terbang yang baru dan berkonsentrasi di dekat lubang burung rumah kita. Sound system yang baik dapat menarik walet-walet untuk bermain di rumah pancingan dan akhirnya menetap di sana. Biasanya waletwalet muda yang belum pernah membuat sarang cenderung mau pindah. Sedangkan walet-walet tua jarang mau pindah, kecuali ada gangguan. Untuk menandingi sound system di rumah tetangga, biasanya di rumah kita juga harus digunakan sound system yang bagus. Adu sound system ini menjadi salah satu faktor penting untuk perkembangan populasi walet.
  3. Cara panen yang baik telah dibahas pada Trubus edisi November 2003 di rubrik Klinik Satwa. ***

Membuat Pakan Lou Han

Saya tertarik untuk membuat pakan ikan terutama lou han skala rumahan. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Bagaimanakah komposisi pakan yang digemari lou han dan berharga murah?
  2. Bagaimana pula untuk memenuhi kandungan bahan bakunya? 3. Bila pakan berupa pelet, bagaimana agar dapat mengapung di atas permukaan air selama 5—10 menit?
Didin Hariyanto
Perumahan Gunungsari Indah
Blok AZ No. 20
Surabaya 60223

Anton Saksono

  1. Pakan yang tepat mengandung bahan baku protein kasar 45%, lemak kasar 5%, serat 3%, pelembap 7%, Vitamin E (minyakikan) 10%, Vitamin B-kompleks10%, Vitamin C 10%, dan hormonpencerna 10%.
  2. Untuk memenuhi kandungan bahanbaku, cara yang terbaik adalah dibuat sendiri agar kandungan bahan-bahan yang diinginkansesuai. Untuk membuat pelet mengapung,kita harus memakai alat steamerdan drayer. Alat itu sangat mahaldan hingga kini masih diimpor. ***

Beternak Kalkun

  1. Bagaimana cara mengembangbiakkan kalkun?
  2. Penyakit apa yang sering menyerangnya?
  3. Bagaimana cara pemeliharaannya?
  4. Apakah pemeliharaan kalkun secara ekonomi cukup menjanjikan?
  5. Bagaimana cara pemasarannya?
Topan A.
PT Indofood Sukses Makmur
Kp. Jarakosta RT 003/02
Desa Sukadanau
Cikarang Barat, Bekasi 17520

Suyono

  1. Kalkun sama seperti ayam lainnya,mudah dikembangbiakkan. Jantan dan betina berkopulasi secara alamiah. Kalau indukmau mengeram, sebaiknya telurdieramkan olehnya.
  2. Penyakit yang menyerang berak putih dan lumpuh.
  3. Upayakan kandang selalu kering. Berikan pakan bergizi, hindari pemberian pakan basi. Untuk anakan kurang dari 1 bulan, konsentrat atau voer sangat cocok.Sedangkan pakan kalkun umur lebih dari 1 bulan berupa makanansisa yang dicampur konsentrat. Apabila akan diberi nasi sisa, sebaiknya dicuci dahulu agar tidaklengket.
  4. Menurut saya tidak. Kalkun di Indonesia peminatnya masih kurang. Ia dipelihara hanya sebagai koleksi. Beberapa restoran danhotel menyediakan menu kalkun tapi harganya sangat mahal. Berbeda di mancanegara seperti di Amerika dan Eropa, ayam ini banyak digunakan sebagai santapan istimewa pada hari-hari seperti natal dan thanksgiving.
  5. Pemasarannya sulit. Saya sarankan untuk memelihara ayam yang dikonsumsi banyak orang. ***

Kaki Labrador Luka

Saya memiliki anjing labrador betina berumur 14 bulan dengan kesehatan baik. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Anjing saya memiliki luka di kaki depan. Kulit bekasluka itu mengeras dan tidaktumbuh bulu. Bagaimana caramenyembuhkannya?
  2. Saat ini ia sudah dapat menangkap bola yang digelindingkan, bagaimana cara melatihnya supaya bisa menangkap piring terbang?
Nadia Aswan
Jl. Kembang Harum IV/23
Puri Indah, Jakarta 11610

Deddy Tjahjono

  1. Apabila sel folikel di bekas lukarusak, bulu tak dapat tumbuh ataubersifat permanen. Namun,untuk membantu daerah di sekitarnya, pada bagian kulit yang keras dioles salep Liverpran 2 kali sehari.Ulangi perlakuan itu sampai kulitkeras berubah lembut dan lunak sehingga membantu pertumbuhan bulu bagian yang belum rusak.
  2. Mulailah dengan memperkuat insting menangkap bola sampai puncak tertinggi. Cara itu menyebabkan anjing terbiasa menggunakan insting. Selanjutnya mengenalkan dengan benda (piring terbang). Mainkan dengan gerakan melempar piring terbang agar ditangkap anjing. Walau kadang-kadang hal ini susah, tetapi sebaiknya terus dilakukan sampai anjing benar-benar mahir menangkap piring terbang. ***
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img