Wednesday, February 8, 2023

Perawatan Intensif Membuat Kurma Berbuah Perdana Umur 1,5 Tahun

Rekomendasi

Trubus.id — Kurma tidak hanya dapat tumbuh di Timur Tengah, tetapi faktanya bisa ditanam di Indonesia. Sudah banyak yang mengebunkan kurma, salah satunya adalah Yatno, pekebun kurma di Desa Bawang Tirto, Mulyo, Kecamatan Banjarbaru, Kabupaten Tulangbawang, Lampung. 

Yatno menanam beragam varietas kurma dari biji, di antaranya ajwa, KN 1, kholas, dan medjool. Sementara itu, 2 varietas lagi, yaitu barhee dan ghanami, berasal dari bibit hasil perbanyakan kultur jaringan.

Semua benih berasal dari mancanegara seperti Uni Emirat Arab, Mesir, India, dan Tunisia. Yatno merawat kurma secara intensif sehingga tanaman berbuah perdana pada umur 1,5 tahun.

Ia mengombinasikan pupuk organik dan kimia sebagai sumber hara tanaman kurma. Kebun kurma milik Yatno dekat pabrik pengolahan sawit. Limbah itulah yang ia gunakan sebagai pupuk organik.

Setiap tanaman mendapatkan 25 kg pupuk organik sebagai pupuk dasar. Yatno memberikan 50–100 gram pupuk kimia saat tanaman berumur 2 bulan. Interval pemberian 4 bulan. Pupuk kimia yang digunakan memiliki perbandingan nitrogen, fosfat, dan kalium masing-masing 15:10:12.

Untuk penyerbukan, ia menggunakan bunga jantan dari varietas ghanami dengan perbandingan jantan dan betina masing-masing 1:15 hingga 1:40.

Dengan perlakuan itu, kurma ajwa berbuah saat tanaman berumur 1,5 tahun. Ia memanen kurma perdana sebanyak 29 kg kurma ajwa dari kebun langsung pada 2021. Panen itu berasal dari 29 tanaman masing-masing menghasilkan 0,5–1 kg kurma.

Sebetulnya, ia berpotensi mendapatkan hasil panen lebih banyak. Sayangnya, banyak bunga rontok saat itu. Hasil panen pun belum dijual karena buah perdana. Ia membagikan kurma kepada para kerabat.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kementan Dorong Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Kopi

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan mendorong upaya pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada komoditas tanaman...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img