Sunday, August 14, 2022

Persembahan untuk Cut Nyak Dhien

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Dendrobium roro anteng resmi dirilis pada 12 Februari 2021.

TRUBUS — Dua anggrek dendrobium baru berbunga terang dan kontras.

Kecantikan putri Majapahit, Roro Anteng menginspirasi Dedek Setia Santoso untuk menyematkan namanya pada anggrek hasil silangannya. “Saya beri nama Dendrobium roro anteng, karena penampilan anggrek itu cantik. Kombinasi warna bunganya kontras,” ujar penyilang anggrek di Kelurahan Dadaprejo, Kotamadya Batu, Jawa Timur itu. Petal dan sepal anggrek itu kuning terang bersemburat ungu di pangkalnya. Labelum atau lidah bunga ungu kemerahan.

Dedek Setia Santoso kerap berbagi ilmu menghasilkan anggrek dendrobium berkualitas.

D. roro anteng merupakan hasil perilangan antara D. kim bora dan D. najib rosmah. Kedua tetua itu unggul dari segi warna, bentuk tanduk, dan susunan bunga yang bagus. “D. kim bora unggul karena membawa gen ungu kebiruan serta kuning dengan karakter kuat plus membawa gen labelum lebar,” ujar Dedek. Karakter D. kim bora berpadu dengan keunggulan D. najib rosmah seperti warna, susunan bunga, dan bentuk tanduk bunga bagus.

Rajin berbunga

Selain itu kim bora juga rajin berbunga. Keunggulan itu juga diwariskan kepada roro anteng. “Perpaduan gen dua anggrek itu menghasilkan bunga yang kontras antara kuning dan ungu kemerahan. Selain itu, D roro anteng juga mudah beradaptasi dan rajin berbunga,” ujar pemulia anggrek alumnus Universitas Brawijaya itu. Menurut pehobi anggrek, Agung Cucun Setiawan, D. roro anteng unggul karena bersosok pendek.

“Anggrek hibrida bersosok pendek sering mendapatkan apresiasi yang lebih pada saat penjurian lomba anggrek. Terutama jika bisa menghasilkan kuntum bunga yang maksimal,” tutur pegiat anggrek dari Keluarga Alumni Gadjah Mada Pencinta Anggrek (Kagama Orchid). Jika melihat tetuanya, variasi bunga yang dihasilkan sangat banyak. Harap mafhum, jika ditelusuri roro anteng sebenarnya hasil persilangan lebih dari lima anggrek dendrobium spesies.

D. lasianthera, tetua D. cut nyak dhien yang mewariskan warna ungu dan tanduk yang melintir.

“Dari beberapa bunga yang sudah muncul, saya melihat karakter D. nindii yang kuat di lidahnya,” ujar Agung. D. roro anteng resmi dirilis pada 12 Februari 2021. Selain roro anteng, Dedek Setia Santoso juga terinspirasi sosok perempuan tangguh Cut Nyak Dhien. Nama pahlawan asal Aceh itu tersemat pada anggrek karya Dedek yang lain dengan karakter bunga kuat nan cantik, yaitu D. cut nyak dhien.

Sosok Dendrobium kim bora, tetua D. roro anteng.

Anggrek baru itu hasil persilangan antara D. ratri ayu dan D. lasianthera. D. ratri ayu unggul dari ukuran bunganya yang besar, rajin berbunga, dan membawa gen anggrek Dendrobium violaceoflavens. Harap mafhum, anggrek yang disebut terakhir memiliki karakter tanaman yang kuat dan kokoh. “D. ratri ayu juga berbunga tebal, harum, dan susunan bunganya yang rapat,” ujar Dedek.

Sosok kokoh

Dedek mengombinasikan beragam karakter D. ratri ayu dan D. lasianthera. Anggrek yang disebut terakhir itu sudah sohor sebagai pembawa gen karakter tanduk bunga yang menarik. “D. lasianthera pembawa gen kuat warna ungu dan tanduknya yang melintir,” ujar pemilik DD Orchid itu. Persilangan itu menghasilkan D. cut nyak dhien yang berbunga ungu kemerahan, berkuntum banyak, dan susunan bunga rapi memutar dari semua sisi. Kelebihan lain anggrek yang dirilis pada 12 Februari 2021 itu bersosok kokoh.

Pehobi anggrek di Kepitu, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Dra. Rini Pintokowati mengapresiasi dua anggrek karya Dedek Setia Santoso. “Dedek itu anak muda yang bagus hasil-hasil persilangannya. Dia sangat selektif dalam menghasilkan anggrek-anggrek baru,” ujar Rini. Menurut Rini baik dari mahkota maupun labelumnya, kedua anggrek itu juga bagus. Kehadiran D. roro anteng dan D. cut nyak dhien tentu saja akan mewarnai dunia peranggrekan nasional. (Bondan Setyawan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img