Saturday, August 13, 2022

Pesan Mendalam di Hari Sakral

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Bunga baby’s breath di bagian dasar merepresentasikan semangat membara yang tak pernah padam.

Seni instalasi bunga yang membawa pesan dalam diam.

Susunan anggrek bulan menggantung menggambarkan imajinasi Vincent Luhur yang tak terbatas.

Anggrek bulan putih itu tersusun melingkar dan melayang memenuhi langit-langit sebuah ruangan hotel. Bentuk itu hendak menggambarkan imajinasi Vincent Caesar Jansius Luhur yang tak terbatas. Di bagian dasarnya, perancang interior di Jakarta Utara itu menata bunga baby’s breath membentuk cincin api. “Desain ini merepresentasikan semangat membara yang tak pernah padam,” ujarnya.

Karya seni instalasi bunga itu bernilai estetika tinggi nan bermakna. Pada November 2020, Vincent Luhur bekerja sama dengan hotel Fairmont Jakarta, mempersembahkan karya berjudul Prologue. Lelaki 26 tahun itu hendak mengenalkan dunia imajinasinya. Menurut Diretor Katering dan Pelayanan Konferensi Fairmont Jakarta, Farahiba Aliah Sugiharti, karya Vincent Luhur merupakan terobosan baru di dunia industri dekorasi.

Makna rangkaian

Farahiba mengatakan, “Karya Vincent terlihat sebagai sebuah karya seni yang dapat dinikmati dan diaplikasikan ke berbagai acara-acara formal, khususnya pernikahan.” Menurut Farahiba pesta pernikahan menginginkan tampilan dekorasi berbernilai seni tinggi dengan konsep dan filosofi mendalam. Oleh karena itu, sebelum membuat desain, Vincent Luhur selalu berdiskusi dengan kliennya.

Vincent akan mengolah keinginan klien dengan imajinasinya untuk menghasilkan karya dekorasi yang indah dan bermakna. “Setelah klien saya ajak ngobrol, saya memberi umpan balik untuk menyatukan keinginan klien dengan unsur-unsur desain,” ujar pembaca buku-buku filsafat itu. Vincent Luhur tak ingin menghadirkan sebuah karya yang hanya glamour dan meriah. Namun, lebih dari itu, ia selalu menghadirkan karya yang bermakna filosofis tinggi.

Vincent Luhur menggeluti desain pernikahan sejak 2016.

Wajar jika karyanya selalu berhasil membuat decak kagum para tamu undangan. “Karya dekorasi Vincent Luhur terlihat seperti sebuah karya seni yang tak lekang oleh waktu,” ujar Farahiba. Perancang itu menggunakan bunga anggrek bulan karena terinspirasi oleh kupu-kupu. “Phalaenopsis kalau diartikan dalam bahasa Yunani artinya kupu-kupu,” ujarnya. Sementara baby’s breath melambangkan kesucian cinta sejati yang tak lekang oleh waktu.

Komposisi bunga mawar, peoni, dan baby’s breath untuk desain meja.

Nama ilmiah bunga itu Gypsophila paniculata. Gypsophila berasal dari bahasa Yunani yaitu gypsum yang artinya mineral batu putih yang terbentuk akibat endapan air laut. Phila berasal dari kata philos yang artinya mencintai. Vincent lebih suka menggunakan sedikit bunga tetapi menghasilkan dekorasi yang kaya makna. Ia ingin memberikan momentum indah sebuah pernikahan dengan desain yang akan lama dikenang.

Vincent Luhur terinspirasi kupu-kupu untuk penggunaan anggrek bulan.

Hal itu membuatnya tak asal-asalan dalam memilih bunga maupun menyajikannya dalam bentuk rangkaian yang indah dan sarat makna. Dalam karya bernama prologue itu, Vincent juga mendesain meja makan dengan apik. Perpaduan bunga-bunga berwarna putih itu seperti hendak berbicara pada para tamu undangan tentang kesucian kasih cinta sang mempelai. Ia memanfaatkan bunga mawar, peoni, dan baby’s breath untuk menghias meja.

Alumnus jurusan Desain Grafis, Universitas Pelita Harapan itu menggeluti dekorasi pernikahan sejak empat tahun belakangan ini. Prinsipnya selalu menggunakan bunga segar dalam setiap karyanya. “Saya ingin setiap karya seni saya selalu memiliki konsep, arti, makna, dan ceritanya sendiri,” ujarnya. (Bondan Setyawan/Peliput: Andari Titisari)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img