Tuesday, August 9, 2022

Pet Rabbit Contest: Bella, Kampiun di Kota Hujan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Pantas Bella merebut jawara. Kelinci berbulu tebal dan berbalut hiasan pita merah di leher itu membuat 3 juri terpukau. Penampilan menarik, tenang, dan jinak. “Ia menuruti semua perintah pemiliknya. Ini jadi poin penting penilaian,” tutur I Wayan Pasek Panandya, salah satu juri. Kelebihan lain, ia sehat dan bersih. Dengan mengantongi nilai 285, Bella mengungguli 14 saingannya.

Prestasi Bella di luar dugaan Murwanto. Kelinci itu satu-satunya milik pria kelahiran Jakarta 33 tahun lalu. Ia ingat pertama kali mendapat si bulu putih itu dari tetangganya. Bulu kusam dan tak terawat. Namun, berkat ketekunan ayah 1 anak itu, Bella menjadi kampiun. Kunci keberhasilan Murwanto pada perawatannya yang intensif. Mandi, mencukur bulu, dan diet adalah kunci suksesnya.

Louie, milik Arini juga tampil menawan. Kelinci jenis lyon itu pernah mengukir prestasi di Pet Rabbit Contest, September 2004. Sayang, di Kota Hujan itu ia harus puas di urutan ke-2 dengan nilai 266. Meski begitu, Arini merasa bangga telah mengikuti kontes. Unggulan lain ialah Puteh, angora andalan Cut Bang, hobiis di Cimanggis, Depok. Kelinci betina berbulu tebal dan berhias pita merah jambu itu kalah tipis dalam perolehan nilai, 265, dari rivalnya Louie. “Sayang, Puteh sedang bunting, jadi bulunya banyak yang rontok,” kata Cut Bang.

Cari pengalaman

Kebahagiaan Cut Bang makin lengkap dengan kemenangan Bleki, angora lain kebanggaannya. Meski menggondol juara harapan ke-2, ini menjadi pengalaman baginya. Saat ini Puteh dan Bleki paling prima di antara 8 anakan impor dari Belanda, Selandia Baru, dan Inggris. “Persiapannya seminggu dengan perawatan intensif,” ujar Cut Bang sambil mengeluselus Puteh. Bagi suami Ani kontes perdana ini untuk mencari pengalaman. Jadi, kemenangan kedua kelinci itu sangat membanggakannya.

Di kontes itu tak hanya angora yang merajai. Lyon dan rex pun memukau pengunjung. Contohnya, Junior, jenis lyon milik Novianti Andriana. Kelinci berbulu putih itu merebut juara harapan ke-1 dengan poin 260. Sementara, Bonbon, jenis rex kebanggaan Dedi Sarwono puas di posisi harapan ke-3 dengan 242.

Sayang, dewi fortuna menjauh dari Dedi Hidayat yang menurunkan 4 angoranya: Kapas, Bomi, Boger, dan Boma. Meski gagal, pemilik Joyci Bakery di Bandung, Jawa Barat, itu puas mengikuti  lomba. “Ini jadi pengalaman untuk kontes selanjutnya,” tutur pemilik 250 kelinci hias itu.

Kekalahan juga dienyam Love, angora berumur 6 bulan kesayangan Vivi Agus asal Bogor. Pun Ronald yang menurunkan 2 angora Betini dan Roger. Doni, angora milik Sucahyo juga mengalami hal serupa.

Meriah

Pet Rabbit Contest di lantai dasar Plaza Ekalokasari Bogor, Jawa Barat, itu disesaki ratusan pengunjung. Dibekas asrama mahasiswa itu mereka menonton jalannya acara sejak pukul 10.00—12.00. Animo masyarakat cukup tinggi dengan banyaknya pertanyaan tentang jenis dan cara memilih kelinci yang baik. “Ini kelinci kok mirip kucing,” tutur seorang pengunjung. Sebanyak 15 peserta ikut meramaikan lomba. Tak hanya dari Bogor dan Jakarta, kontestan datang juga dari Bandung dan Yogyakarta. Jumlah peserta itu meningkat dibanding kontes sebelumnya di tempat sama yang hanya berjumlah 7 ekor. “Saya berharap ada kontes selanjutnya yang lebih besar,” ujar Gusti Merdeka Putra, ketua panitia. Dengan adanya kontes bisa mengangkat derajat kelinci yang umumnya dikenal sebagai hewan potong. “Saya mensosialisasikan kelinci sebagai binatang kesayangan seperti kucing atau anjing,” lanjutnya. Di Amerika Serikat, kelinci diajak jalan-jalan di taman.

Kontes kelinci kedua bernuansa merah muda sebagai momen kasih sayang itu berlangsung sukses. Kepuasan terpancar di raut muka peserta. Itu yang dialami Murwanto sambil menimang Bella keluar dari area. (Dewi Nurlovi Permas)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img