Wednesday, August 10, 2022

Pijahkan Maskoki

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

  1. Mengapa warna maskoki di Pontianak berbeda dengan di Jawa yang merah menyala?
  2. Bagaimana cara membuat pakan maskoki dan bahan apa yang digunakan?
  3. Apa resep pakan yang dipakai peternak di Jawa sehingga bisa meningkatkan kualitas warna ikan?
  4. Berapa tinggi ideal bak pembesaran maskoki dan berapa banyak benih yang ditampung?
  5. Apakah ulat hongkong bisa dijadikan pakan arwana dan maskoki?
Eddy
Jl. Trabani Ahmad Blok E No. 5
Komp. Mandau Permai, Pontianak
Kalimantan Barat

Anton Saksono

1. Warna maskoki di Pontianak berbeda dengan di Jawa karena beberapa kemungkinan:

  • Kualitas indukan yang digunakan berbeda.
  • Kualitas air berbeda. Maskoki membutuhkan suhu 24—28°C, pH netral dan sistem engairan yang baik.
  • Terdapat perbedaan pellet yang diberikan. Setiap peternak memiliki resep tersendiri.

2. Pakan gunakan campuran kepala udang laut (kering), tepung terigu, bungkil kedelai, tepung ikan, dan sun chorella (ganggang hijau dalam bentuk tepung). Masing-masing bahan sebanyak 1 ons, ditambah vitamin B kompleks dan gula secukupnya. Semua bahan dicampur dan dicetak kemudian dijemur kering. Pada saat penjemuran semprotkan vitamin E menggunakan sprayer, lalu angin-anginkan selama 2 jam. Pakan siap digunakan.

3. Setiap peternak memiliki jenis dan pengaturan pemberian pakan berbeda. Selain pakan perlu juga diperhatikan tempat pemeliharaan, suhu, sistem pengairan, pH, dan oksigen agar warna ikan bagus.

4. Tinggi kolam ideal maksimum 30—40 cm. Populasi benih tergantung kandungan oksigen terlarut. Semakin banyak kandungan oksigen terlarut, semakin banyak benih ditebar.

5. Anak arwana jangan terlalu banyak diberi ulat hongkong. Cukup jangkrik, belalang, anak kodok, ikan mas, cicak, kelabang, dan ulat pisang. Pakan itu mempercepat pertumbuhan dan mencerahkan warna. Keanekaragaman pakan menghilangkan rasa bosan. Anakan maskoki, berikan cacing darah, kroto, dan jentik nyamuk yang masih hidup.

Burung Berkicau

Saya hobiis pemula burung berkicau. Ada yang ingin saya tanyakan:

  1. Bagaimana mengetahui jenis kelamin kutilang Pycnonotus aurigater?
  2. Burung apa saja yang sekeluarga dengan kutilang?
  3. Umur berapa branjangan mulai belajar berbunyi? Branjangan saya umur 3 bulan belum berbunyi, apakah karena betina atau bisu?
  4. Dimana decu, cucak rante, dan lovebird bisa diperoleh di Banten?
  5. Dalam lomba, burung apa saja yang termasuk kelas campuran lokal?
Ayip Akhmad
SMUN 1 Labuan
Labuan, Banten

R. Soemarjoto

  1. Ukuran tubuh jantan lebih besar daripada betina.
  2. Kutilang termasuk famili Pycnonotidae. Yang termasuk famili itu antara lain cucak rante Pycnonotus bimaculatus dan cangkurawah Pycnonotus zeylanicus.
  3. Jantan mulai berbunyi umur 4—5 bulan. Jika lebih dari 5 bulan belum berbunyi, mungkin betina. Cek fi siknya untuk memastikan ada cacat atau penyakit bila itu jantan.
  4. Silakan ke pasar burung di Cilegon, Rangkasbitung, atau Serang.
  5. Kelas campuran lokal diikuti semua jenis burung seperti anis, murai batu, cucak rawa dll.

Lele DumboGagal Menetas

Saat ini saya sedang mengusahakan pembenihan lele dumbo. Pertama kali mencoba di kolam seluas 5 m2. Induk yang digunakan 1 jantan dan 2 betina yang sudah matang telur. Bobot induk 1.5 kg/ekor. Ketinggian air saat melepas induk 20 cm. Setelah bertelur ketinggian air ditambah menjadi 30 cm. Hasilnya memuaskan, banyak telur menetas. Namun, pada pemijahan kedua hingga keenam dengan induk lain, telur yang dihasilkan sedikit dan tidak satu pun menetas. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Mengapa pada waktu pemijahan pertama berhasil, sedangkan yang selanjutnya gagal?
  2. Apa ciri induk jantan dan betina unggul?
  3. Dimana saya bisa mendapatkan calon indukan lele dumbo unggul?
  4. Apakah indukan lele yang saat ini tidak bertelur, bisa dipacu agar produktif?
  5. Apa kekurangan dan kelebihan pemijahan sistem tradisional dan suntik?
Sarmat Djuarsa
Lingkungan Ciriung RT 02 RW 05
Kelurahan Ciriung, Kecamatan
Cibinong, Bogor

Pepen Effendy

  1. Kegagalan kemungkinan disebabkan telur betina belum matang betul. Akibatnya telur yang keluar sedikit. Begitu juga jika sperma jantan belum matang, sehingga tidak terjadi pembuahan.
  2. Ciri induk unggul antara lain: sehat dan tidak cacat, cukup umur antara 7—12 bulan, dan pertumbuhan cepat. Khusus ikan jantan siap pijah, bila bagian perut diurut ke arah bawah akan keluar cairan putih. Betina, bagian perutnya buncit dan duburnya berwarna kemerahan.
  3. Hubungi Balai Budidaya Ikan Air Tawar Sukabumi di Jl. Salabintana No. 17, Sukabumi. Saat ini di sana sedang dikembangkan lele sangkuriang atau induk lele dumbo hasil seleksi.
  4. Bisa, asal umurnya belum tua dan tidak sedarah (dari induk yang sama). Kualitas induk bisa diperbaiki dengan cara memberi pakan berkualitas dan dipelihara di lingkungan perairan yang baik.
  5. Pemijahan dengan cara tradisional lebih mudah karena ikan memijah sendiri. Jumlah induk yang dipijahkan tergantung luas kolam. Larva sulit dikontrol jika lahan yang digunakan terlalu luas. Pemijahan dengan cara suntik lebih sulit. Kantong sperma atau gonad harus  dikeluarkan, dibuka, dan spermanya disemprotkan ke telur, kemudian diaduk merata. Induk jantan hanya bisa dipakai sekali. Betina harus diberi hormon perangsang dengan cara disuntik agar telur mudah keluar ketika diurut. Jumlah induk yang digunakan bisa lebih banyak dari cara tradisional. Larva atau benih mudah dikontrol karena lahannya terbatas.***
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img