Monday, August 8, 2022

Pilih Bibit Raja Kunyit

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
“Bibit musang king asli dapat dikenali dari sosok bibit yang ramping,” kata Lutfi Bansir
“Bibit musang king asli dapat dikenali dari sosok bibit yang ramping,” kata Lutfi Bansir

Daun hijau kekuningan, meruncing, langsing, warna dasar di balik daun cokelat emas jadi ciri daun musang king yang tengah sohor. Selain itu palsu.

Setahun lalu hasrat Ahmad Bahrudin menanam mamey sapote begitu menggelora setelah melihat sosok buah di dunia maya. Melalui pedagang bibit ia membeli sebatang bibit Pouteria sapota setinggi 70 cm. Harganya relatif mahal, Rp1,5-juta. Berselang beberapa bulan ia mengunjungi kebun seorang rekan, ia kaget melihat sosok mamey sapote. “Daunnya tidak berbulu, yang saya beli berbulu,” ujar pehobi tanaman buah di Blitar, Jawa Timur, itu.

Keliru memilih bibit bukan hanya “monopoli” pehobi, bahkan penangkar pun berpeluang salah. Penangkar bibit tanaman buah di Demak, Jawa Tengah, Prakoso Heryono, membeli 4 bibit durian musang king di Malaysia pada 2008. Ia ke negeri jiran sebetulnya mencari bibit lengkeng. Namun, karena tak mendapatkan, maka ia pun membeli bibit musang king setinggi bibit 50-60 cm.

Palsu

Prakoso Heryono lantas menanam keempat bibit itu di kebun bibit di Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Dua tahun kemudian, ia berkunjung ke dua penangkar bibit yang menyediakan musang king. Alumnus Universitas Islam Sultan Agung itu melihat sosok bibit berbeda dengan koleksi durian musang king di kebunnya yang berdaun panjang, lebar, dan punggung daun cokelat tua.

Sementara bibit musang king di kebun rekannya, berdaun meruncing langsing dan dasar daun cokelat emas. “Saya mulai ragu keaslian bibit saya,” kata penangkar buah itu. Rekannya membeli bibit musang king langsung dari penangkar di Malaysia yang memiliki pohon induk. Ia menuturkan sekilas daun musang king mirip daun durian D-24. Keduanya meruncing dan warnanya yang hijau terang. Namun, daun musang king lebih panjang.

Menurut praktikus durian dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Dr Lutfi Bansir SP MP, bibit musang king asli dapat dikenali dari sosok bibit yang ramping. “Selain berdaun runcing, sempit, dan berwarna hijau kekuningan, bentuk bibit musang king cenderung vertikal dan ukuran batang relatif kecil,” kata doktor alumnus Universitas Brawijaya itu.

Menurut Tjandra Ronywidjaja, penangkar buah di Ponorogo, Jawa Timur, daun musang king terasa tipis, lembut, dan  urat daun terlihat nyata dibanding monthong. Warna daun bagian atas dan bawah masing-masing hijau terang dan cokelat emas bertahan hingga daun menua.

Tjandra mendatangkan 2.000 bibit musang king dari seorang pekebun di Malaysia. “Di sana saya menjumpai pohon musang king berumur 12 tahun keturunan langsung dari pohon induk. Oleh karena itu saya yakin bibit yang saya beli asli,” katanya.

Deretan bibit musang king di kebun Syahril M. Said
Deretan bibit musang king di kebun Syahril M. Said

Lebih mahal

Pakar buah dari Taman Wisata Mekarsari di Bogor, Jawa Barat, Dr Ir Mohamad Reza Tirtawinata, berpendapat sama. Reza menuturkan langkah terbaik mendapat bibit asli musang king adalah dengan mendatangi langsung pekebun yang menanam musang king. Setelah itu amatilah bibit yang dihasilkan sang pekebun dan bandingkan cirinya dengan pohon induk.

Menurut Panca Jarot SP MS, peneliti durian dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) di Solok, Sumatera Barat, raja kunyit alias musang king merupakan durian introduksi yang tengah naik daun.

Penangkar bibit musang king di Bogor, Jawa Barat, Syahril Said, menuturkan sejak memperbanyak musang king dengan teknik okulasi pada 2009, permintaan bibit durian itu terus membubung. Sepanjang 2012 Syahril melayani permintaan 5.000 bibit. “Saya cuma bisa memasok 1.000 bibit,“  ujarnya. Berapa harga bibit musang king?

Bibit setinggi 30-40 cm saat ini mencapai Rp250.000–Rp300.000. Nilai itu sejauh ini masih lebih tinggi daripada bibit durian unggul lain seperti kanjau, namlung, dan hepe. Bagi pekebun atau mania durian, harga itu bukan hambatan. Bagi mereka yang lebih penting adalah keaslian bibit. Sebab, menanam durian adalah investasi jangka panjang. Salah pilih bibit, menyesal berkepanjangan. (Andari Titisari/Peliput: Pressi Hapsari, Riefza Febriansyah, & Rona Mas’ud)

Keteranagn Foto :

  1. Daging buah durian musang king berwarna kuning dengan ketebalan daging mencapai 1,5 cm dan berbiji kempes
  2. Bibit musang king asli dapat dikenali dari sosok bibit yang ramping,” kata Lutfi Bansir
  3. Deretan bibit musang king di kebun Syahril M. Said
  4. Sosok bibit musang king cenderung vertikal
Previous articleCalon Pesaing Pondoh
Next articleHoki dari Nomor 197
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img