Monday, August 8, 2022

Pilih-Pilih Panasea Pembasmi Jantung Koroner

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Paginya, sambil menahan nyeri, Koesdijono masih melakukan aktivitas rutin. Karena, tak mampu menahan sakit lebih lama, akhirnya ayah 4 anak itu menyerah juga. Anak-anak Koesdijono langsung memanggil ambulan. Ia dilarikan ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita di Slipi, Jakarta Barat.

Koesdijono mesti menjalani serangkaian pemeriksaan. Sebut saja, elektrokardiografi (EKG) untuk melihat aktivitas listrik di jantung, ekokardiografi untuk mengetahui anatomi dan morfologi jantung, foto rontgen untuk pencitraan kelainan bentuk jantung, serta pemeriksaan darah. Di luar itu ia menjalani pemeriksaan kateterisasi beberapa hari kemudian.

Sebuah selang kateter dimasukkan ke pembuluh jantung melalui pangkal paha untuk mengetahui letak penyumbatan pada pembuluh jantung. Terakhir, pemeriksaan nuklir melalui penyuntikan bahan radioaktif ke dalam pembuluh vena. Hasil kateterisasi dan nuklir diamati dengan kamera digital.

Operasi by-pass

Dari serangkaian pemeriksaan, diketahui ada 3 penyumbatan pada pembuluh jantung sebesar 90%, 80%, dan 70?80%. Besarnya persentase menunjukkan bagian pembuluh yang tertutup lemak penyebab penyempitan. Itu sebuah vonis buat Koesdijono, sehingga ia harus dioperasi by-pass. Dengan tabah, pria yang sempat aktif menangkarkan cucakrawa dan jangkrik itu memasuki ruang operasi pada 30 Januari 2004.

Untunglah, operasi Koesdijono berjalan lancar. Tepat 2 minggu setelah operasi, ia diperbolehkan pulang. Selama 2 bulan berikutnya, hobiis tabulampot itu menjalani rehabilitasi dan fi sioterapi. Menurut dokter rehabilitasi, ia mesti menjaga gaya hidup sehat seperti banyak makan sayur dan buah, menghindari makanan berlemak, merokok, minum kopi, dan stres. Olahraga teratur amat dianjurkan.

Meski sudah operasi, kondisi jantung Koesdijono belum pulih. Sebuah harapan muncul pada November 2004. Waktu itu sebuah kanal televisi menyiarkan soal buah merah. Menurut Drs I Made Budi MS, penelitinya yang diwawancara, buah merah banyak mengandung antioksidan dan senyawa aktif penangkal radikal bebas, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Koesdijono mencoba mengkonsumsi 1 sendok minyak buah merah per hari. Hasilnya, ?Badan terasa lebih fi t dan segar,? katanya. Ia pun kembali bisa melakukan beragam aktivitas tanpa khawatir kelelahan. Seperti menulis dan merawat tabulambot di halaman samping rumah.

Oksigen berkurang

Menurut dr Otte J. Rachman, SpJP, dari RS Jantung Harapan Kita, penyakit jantung koroner terjadi akibat arteriosklerosis. Itu merupakan penumpukan lemak yang disebut plak pada dinding arteri jantung. Penumpukan itu menyebabkan pembuluh darah jantung tersumbat. Aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi serta mineral ke otot jantung pun terhambat.

Kurangnya pasokan oksigen sebagai sumber energi menyebabkan otot jantung tidak bisa bekerja sempurna. Itulah yang menjadi sumber rasa sakit di dada yang menjalar sampai leher, punggung, bahkan tangan. Rasa sakit itu dinamai angina pectoris. Saat asupan oksigen tidak memadai, sementara otot dipaksa bekerja keras karena kegiatan atau keadaan emosi tertentu, terjadilah serangan jantung.

Faktor pemicu penyakit jantung koroner bermacam-macam dan saling berkait. Yang utama adalah faktor gaya hidup?pola makan?yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi, darah tinggi, dan diabetes mellitus. Pun kebiasaan merokok, kurang olahraga, dan stres tinggi. Asap rokok mempercepat pembekuan darah dan penumpukan lemak pada dinding jantung sehingga menghambat pasokan oksigen ke jantung.

Koesdijono yang perfectionist memang gampang stres bila sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Itulah yang terjadi saat serangan jantung pertama 3 tahun silam. Saat itu, ia tengah berduka karena kehilangan anak sulungnya. Saat emosi meningkat, denyut jantung semakin cepat. Itu sekaligus menyebabkan naiknya tekanan darah.

Peran buah merah dalam proses rehabilitasi pasien jantung koroner karena antioksidan yang dikandungnya yaitu karoten, betakaroten, dan tokoferol. Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan plak pada dinding arteri. Buah Pandanus conoideus itu juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 9 yang menurunkan kadar kolesterol serta senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Sayangnya dosis pemakaian minyak buah merah masih sering diabaikan. Penelitian Prof Dr Elin Yulinah Sukandar di Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung menunjukkan pemberian sampai 5 g untuk 25?30 g bobot mencit masih aman. Jika dikonversi ke manusia setara dengan 240 g untuk seseorang dengan bobot badan 70 kg. Hasil uji toksisitas menunjukkan LD50 (lethal dose) mencit jantan sekitar 2,687 g/kg bobot tubuh, sedangkan mencit betina 6,714 g/kg.

Jeli teripang

Nun di Bandung, Mulyanto pun mesti dilarikan ke ruang UGD RS Hasan Sadikin pukul 02.00 karena nyeri di dada. Vonis dokter mengatakan dirinya mengidap jantung koroner akibat darah tinggi. Beruntung, Mulyanto hanya perlu diopname selama 7 hari. Sepulang dari rumahsakit ia dibekali sejumlah obat penghilang gejala serangan jantung koroner. Namun, derita tak sepenuhnya menjauh, penyakit itu masih bersarang di tubuh. Bila ia bekerja terlalu berat, napas tersengal-sengal.

Suatu hari, muncul harapan baru bagi Mulyanto yang mengaku perokok itu. Gara-gara melihat maag dan ambeien yang dialami sang istri sembuh setelah mengkonsumsi teripang, Mulyanto tergiur mencoba. Ia meminum jeli teripang 2 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan. Dua bulan berlalu, keluhan napas tersengal-sengal hilang. Tekanan darah kembali normal. Saat serangan 140/110 mmHg, kini 110/90 mmHg.

Duduk perkara teripang dan kesehatan jantung diterangkan oleh dr Zen Djaja di Malang. ?Teripang dapat memberikan efekyang baik bagi kesehatan jantung dalam jangka panjang,? ujarnya. Teripang mengandung asam-asam lemak esensial seperti EPA dan DHA. Gabungan asam-asam lemak itu dengan kandungan trace mineral seperti kromium, besi, kadmium, mangan, nikel, kobalt, dan seng mengaktifk an superoxide dismutase (SOD).

SOD berperan mengikat senyawa peroksidase lemak berlebih yang muncul akibat kadar lemak berlebih dalam tubuh. Aktivitas SOD akan menurun akibat banyaknya pencemar di dalam tubuh. Lemak berlebih (dalam bentuk kolesterol dan trigliserida) memicu pembentukan plak pada dinding arteri jantung. Selain itu, teripang juga mengandung saponin (triterpen glikosida) yang memiliki khasiat antiradang dan melakukan metabolisme lemak.

Pendapat itu diamini oleh dr Imelda Retno Purwanti dari Yayasan Sosial Candra Naya, Jembatan Besi, Jakarta. Ia bahkan telah memberikan terapi teripang kepada pasien yang memiliki kolesterol tinggi. Selama ini para penderita membeli obat-obatan jantung seperti omega 3, pengencer darah, dan pelarut lemak di apotek. ?Padahal, kandungan teripang cukup lengkap,? ujar dokter yang berdomisili di Kelapagading itu. EPA dan OMEGA 3 berfungsi sebagai pelarut kolesterol, terutama LDL.

Namun, dr Zen Djaja yang berpraktek di Yayasan Tri Dharma, Malang, mengatakan, teripang lebih berfungsi sebagai makanan kesehatan, bukan obat. Sifat obat dan makanan kesehatan amat berbeda. Obat berkhasiat cepat, langsung ke sasaran, dan spesifi k. Sedangkan makanan kesehatan memberikan suatu perbaikan, regenerasi, tapi membutuhkan waktu yang panjang. ?Jangan sampai mereka yang sudah putus asa karena penyakitnya lalu mengharapkan langsung sembuh dengan mengkonsumsi makanan kesehatan,? tambahnya.

VCO dan sarang semut

Rupanya tidak hanya buah merah dan gamat? sebutan teripang di Malaysia? yang bisa mengatasi jantung koroner. Di Jakarta, ada Nilawati dan Max Patty melengkapi cerita manis penederita jantung koroner yang ?sembuh? dengan bantuan herbal. Kondisi keduanya membaik setelah masing-masing mengkonsumsi sarang semut dan virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa murni.

Kandungan aktif sarang semut dan VCO memang berbeda dengan buah merah dan gamat. Namun, Prof dr Walujo S. Soerjodibroto, MSc PhD SpG(K), dalam pidato pengukuhannya sebagai guru besar tetap Ilmu Gizi FKUI, mengatakan asam laurat dalam VCO menaikkan kadar asam lemak tidak jenuh ganda EPA dan DHA.

Kedua asam lemak itu?seperti yang terdapat pada teripang?terbukti dapat menurunkan very low density lipoprotein (VLDL ) , menghambat produksi tromboksan, meningkatkan prostasiklin, menurunkan kekentalan darah, dan mencegah tromobosis (penyumbatan pembuluh darah). Itu baik untuk penyakit jantung koroner selama minyak tidak dipanaskan berulang dalam suhu tinggi.

Wajar jika dr Satya Hanura, SpS, di Rumah Sakit Jakarta, memberikan VCO bagi pasien-pasien stroke. Dalam tempo 2?3 bulan, kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) turun dari 200mg/dl menjadi rata-rata 110 mg/dl. Tingginya kadar kolesterol dalam darah, terutama LDL, menjadi salah satu faktor risiko jantung koroner. Hal sama ditunjukkan oleh hasil penelitian dr Probosuseno SpPD di RS Sardjito Yogyakarta pada pasien kolesterol tinggi.

Sementara sarang semut mengandung beragam antioksidan seperti tokoferol, flavonoid, dan tanin, serta berbagai mineral seperti kalsium, kalium, natrium, seng, dan besi. Mekanisme sarang semut mengatasi jantung koroner hingga kini belum jelas. Dr Muhammad Ahkam Subroto, periset sarang semut dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menduga karena kandungan multimineral sarang semut, terutama kalsium dan kalium. Dalam tubuh, kalsium berperan dalam kerja jantung, impuls saraf, dan pembekuan darah. Sedangkan kalium berfungsi dalam ritme jantung, impuls saraf, dan keseimbangan asam-basa.

Keempat panasea itu memang belum diuji secara klinis dapat mengatasi jantung koroner. Namun, secara empiris Koesdijono, Nilawati, dan Maxi Patty berhasil mengalahkan penyakit jantung koroner yang dideritanya. Sekarang pilihan ada di tangan Anda. Pilih teripang dengan kandungan asam lemaknya, buah merah dengan antioksidannya, VCO dengan asam lauratnya, atau sarang semut dengan kandungan multimineralnya. (Syalita Fawnia Rachman)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img