Friday, August 12, 2022

Pilihan Baju Buat sang Perawan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Namun , di balik itu cermati kemasannya. Kemasan bukan sekadar wadah, tetapi mempengaruhi kualitas minyak perawan. Oleh karena itu jenis botol mestinya menjadi salah satu pertimbangan saat memilih minyak perawan

Seorang konsumen virgin coconut oil di Jakarta Selatan mengeluh. Setelah rutin mengkonsumsinya, minyak perawan itu tengik. “VCO bisa saja tengik. Penyebabnya sesudah pemakaian, tutup botol bagian dalam tidak dipasang lagi sehingga timbul oksidasi,” ujar Dr Muhammad Ahkam Subroto M.App.Sc., peneliti Puslit Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tengik terjadi lantaran hidrolisis akibat tingginya kadar air dalam VCO. Asia Pasifi c Coconut Community (APCC) mensyaratkan ambang batas kadar air 0,015%. Bila lebih dari itu tengik pasti terjadi. Laju hidrolisis bakal kian cepat lantaran ditunjang faktor suhu dan cahaya. Di sinilah pentingnya memilih jenis botol sebagai wadah VCO. Soalnya, jika botol tidak kedap cahaya sama saja membiarkan ketengikan terus berlangsung.

Polyetilen

Kemasan VCO yang beredar di pasar memang beragam. Seperti plastik, botol beling, hingga yang terbaru, dikapsulkan. Kemasan botol beling bersifat kaku. Tutup botol pun mudah bergeser, sehingga tidak rapat. Seandainya tutup botol itu terjamin rapat, misalnya botol-botol yang biasa dipakai di laboratorium, kemasan botol beling layak dipakai. Apalagi jika kemasan itu ditutup dengan bahan kedap suhu dan bau.

Pemakaian botol plastik pun tidak selamanya aman. Plastik yang paling baik terbuat dari bahan polyetilen. Bahan itu terdiri dari polimer-polimer bersifat termoplastik. Sifat itu akan membuat plastik melembek saat dipanaskan, tapi mengeras begitu didinginkan. “Secara karakter plastik polyetilen memiliki nilai toksisitas paling kecil dibandingkan jenis plastik lain. Pori-pori plastik polyetilen juga sangat rapat sehingga dapat mencegah udara masuk,” ujar Lenni Marliana, SE, dari PT Inovatif Plastic Packaging, produsen kemasan plastik di Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Warna plastik turut menyumbang andil terjadinya oksidasi. Kemasan plastik polyetilen berwarna cokelat lebih baik. Itu lantaran warna cokelat akan mengurangi intensitas cahaya yang masuk. Namun, plastik bening dan transparan tetap bisa digunakan asal pembungkus atau label di sisi luar botol mampu melindungi minyak dari cahaya. “Atau bisa juga kemasan plastik diberi tambahan antiultraviolet, tapi harganya mahal,” papar Lenni.

Menurut Andi Nur Alam Syah, konsumen lebih suka membeli VCO di botol transparan karena minyaknya terlihat langsung. ”Padahal secara kualitas, untuk jangka panjang lebih bagus yang dikemas plastik tertutup yang berwarna putih susu atau plastik yang elastis,” ujar peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Bogor, itu.

Suhu kamar

VCO dalam bentuk kapsul dapat dikemas di botol plastik biasa nonpolyetilen, asal kedap udara. Salah satu cara untuk mempertahankan kualitas kapsul lebih lama dengan memakai silikon gel. Bahan berupa butiran yang dikemas dalam kain kecil itu mampu menyerap air dari udara.

Menurut Ahkam, salah satu fungsi VCO sebagai antimikroba baru bekerja sesuai perannya setelah masuk ke dalam tubuh. Di sana free faty acid yang diperlukan akan bekerja aktif setelah berubah menjadi senyawa sederhana seperti monolaurin, monocarpin, dan monogliserin. “Selama di dalam botol VCO, seperti minyak biasa. Bila tidak ditaruh secara benar ia potensial menjadi tempat hidup mikroba,” ujar ketua Kelompok Peneliti Bahan Alam, LIPI, itu.

Mikroba-mikroba itu bila dibiarkan justru mengancam mutu minyak. Maklum, mikroba mengandung enzim-enzim. Enzim lipase, misalnya, dapat mendegradasi lemak sehingga semua asam lemak baik asam lemak jenuh dan asam lemak tidak jenuh ikut terdegradasi. Tak sulit sebetulnya menjaga VCO supaya tetap baik dan berkhasiat dalam jangka panjang. Simpanlah ia dalam suhu kamar, hindari cahaya, dan tutuplah botol secara baik. (Dian Adijaya S/ Peliput: Sardi Duryatmo)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img