Sunday, March 26, 2023

Plakat Warna Bebas Terbaik

Rekomendasi

 

Lima dari enam juri yang melakukan voting sepakat plakat warna dasar terang memiliki keungulan warna serta ukuran tubuh. ‘Putihnya bersih tidak ada noda,’ kata Edi Sudarjat, juri dari Slipi, Jakarta Barat. Pun ukuran tubuh ikan umur 4 bulan itu sudah melebihi 5 cm; pesaing lainnya baru 3,5 – 5 cm.

Pantas kalau kampiun plakat marbel sulit beradu meskipun coraknya tak kalah menawan: kombinasi dasar biru berpadu sirip putih. ‘Sebenarnya warna itu sangat bagus,’ kata Mustafa Kamil, juri lain. Klangenan Betta Barcelona asal Kalisari, Jakarta Timur, itu juga lincah dan punya bukaan sirip punggung dan ekor yang lebar. Namun apa daya, dewi fortuna agaknya memang belum berpihak.

Seri

Penentuan juara melalui voting juga terjadi di kategori serit. Voting pertama dari 6 juri berlangsung seri, 3:3. Tiga juri memilih juara dasar hitam, juri lain memihak juara warna bebas. Pada voting ulang serit dasar hitam akhirnya unggul 4:2. ‘Seritnya tajam dan rapi, selain itu juga lincah dan agresif,’ kata Ahmad Yusuf, juri dari Jakarta Timur.

Pada kategori halfmoon, kampiun kelas bebas terang saling berhadapan dengan juara kelas bebas gelap. Keduanya sama-sama mempunyai corak tegas dengan bukaan lebar yang sempurna sampai 180o. Keduanya pun

Sangat cepat merespon saat juri menggodanya dengan sorot lampu senter kecil. ‘Kedua cupang ini layak juara,’ kata Arif SL, juri asal Bekasi. Melalui voting pula juara kelas bebas gelap terpilih menjadi GC dengan keunggulan 4:2.

Kategori yang banyak menyita perhatian penonton adalah giant plakat. Maklum kali itu diadakan pemisahan antara ukuran senior dan junior. ‘Ukuran panjang di atas 6 cm masuk kategori senior dan kurang dari itu junior,’ kata Enggan Priguna, ketua panitia kontes. Sebagai juara kelas senior tampil andalan Betta Legend, yang lantas berhadapan dengan juara kelas junior klangenan Betta D2 dalam perebutan GC giant plakat. Melalui voting, juara kelas giant plakat junior pun tampil sebagai GC.

438 kontestan

Lomba cupang itu digelar untuk kelima kalinya oleh Betta Mania Independen Indonesia (BMII) sejak 2008. Tercatat 438 ikan asal Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pekanbaru, dan Medan saling beradu molek dalam kontes yang digelar di Puri Beta, Ciledug, Tangerang, itu. Pemisahan ukuran senior dan junior di kategori giant plakat juga baru pertama kali dilakukan. ‘Arahnya nanti sampai pemisahan berdasarkan warna,’ tutur Harry ketua BMII.

Meski digelar hanya untuk mengisi kevakuman kegiatan selama bulan puasa,

kesiapan panitia luar biasa. Terbukti ketika angin kencang memporak-porandakan 300 akuarium sebelum lomba dimulai.

Dalam waktu singkat panitia bisa menghadirkan penggantinya. ‘Ini di luar dugaan,’ kata Harry. Imbasnya memang pemasukan ikan dan jadwal acara molor. Penjurian, misalnya, baru berjalan pukul 15.00 WIB. Pun beberapa peserta urung tampil lantaran tidak mendapat akuarium. Toh, secara keseluruhan lomba tetap berlangsung sukses. (A. Arie Raharjo)

Jenis Kelas Pemilik/asal

Serit Dasar merah Bolu Betta/Tangerang

Dasar hitam Salim Betta/Jakarta

Kombinasi Nazwa Betta/Jakarta

Dasar gelap Nazwa Betta /Jakarta

Dasar terang Gerard Knalpot/Riau

Maskot Didut Black Shadow/Jakarta

Copper Nazwa Betta/Jakarta

Bebas Bali Betta/Tangerang*

Halfmoon

Dasar merah Bolu Betta/Tangerang

Dasar hitam MG Betta/Surabaya

Dasar gelap Nazwa Betta/Jakarta

Dasar terang Nazwa Betta/Jakarta

Marbel Gerard Knalpot/Riau

Kombinasi Gerard Knalpot/Riau

Bebas terang Gerard Knalpot/Riau

Bebas gelap Harry Yoram Betta/Jakarta*

Dragon Marvel Aquatic/Jakarta

Copper Jaya Maju Betta/Yogyakarta

Plakat

Dasar merah Nazwa Betta/Jakarta

Dasar hitam Orcha Betta/Jakarta

Dasar gelap Jupiter/Medan

Dasar terang Bali Betta/Tangerang

Marbel Betta Barcelona/Jakarta

Kombinasi Gerard Knalpot/Riau

Bebas terang Betta D2/Jakarta*

Copper Betta D2/Jakarta

Bebas gelap L & M Club/Medan

Dragon Andika/Yogyakarta

Lavender Andika/Yogyakarta

Doubletail Walet Kick/Jakarta

Giant plakat

Junior Betta D2/Jakarta*

Senior Betta Legend/Jakarta

^ GC plakat

>GC halfmoon Foto-foto: A. Arie Raharjo

ikan hias

Trubus 479 – Oktober 2009/XL 135

*) : Grand Champion

Juara umum: Gerard Knalpot Riau

^ Juara plakat marbel, pesaing utama GC plakat

> Suasana penjurian penentuan 5 besar serit

GC giant plakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Mengolah Singkong Menjadi Gula

Trubus.id— Gula cair dapat mudah dibuat dari hidrolisis pati. Sumber pati pun melimpah seperti singkong. Mengapa singkong? Singkong sebagai...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img