Sunday, November 27, 2022

Polkadot Dibidik Importir Mancanegara

Rekomendasi

Di antara corak hitam bertebaran totol-totol putih tak beraturan. Totol-totol itu seolah berpedar saat disinari lampu. Itulah Botia sp polkadot. Jawara di kelas varietas baru pada Aquarama 2003 itu kini salah satu bidikan importir mancanegara.

 

Clown fi sh berjuluk polkadot itu ditemukan di sungai-sungai di kawasan segitiga emas Asia. Namun, bukan perkara gampang mendulang ikan itu. Kawasan segitiga emas yang kondang gudang ganja itu sangat dijaga ketat oleh tentara dari 3 negara Asean; Thailand, Kamboja, dan Myanmar.

“Ikan ini sangat diminati konsumen luar negeri,” ujar Herman Oei, di Serpong, Tangerang. Lantaran kepincut, pengusaha ikan hias itu mencari jalan untuk mendapatkan sang polkadot saat Aquarama 2003. Kini di akuarium 60 cm x 30 cm x 40 cm di kediamannya sudah berenang beberapa polkadot berukuran 5—6 cm.

Sukses ditangkarkan

Deretan akuarium berisi varietas baru memang menjadi daya tarik pengunjung saat pameran ikan hias Aquarama 2003 di Singapura. Beberapa pengusaha ikan hias dari sejumlah negara sibuk memotret dan merekam melalui handycam. “Bagusbagus. Beberapa malah belum ada namanya di buku atlas ikan,” tutur Bima Saksono dari Lovina Laras yang bersama Trubus melihat varietas baru itu.

Yang menarik ada jenis diketahui sudah berhasil ditangkarkan di Indonesia. Contoh Polypterus endlicheri endlicheri. Ikan bermuka monster asal Afrika itu sudah bisa ditangkarkan oleh seorang eksportir ikan hias besar di Bogor. Seekor Polypterus endlicheri berukuran 5 cm laku dijual Rp150.000. ”Permintaan dunia mencapai puluhan ribu ekor per bulan,” ucapnya.

Dari pengamatan Trubus selama Aquarama 2003 setidaknya ada 20 jenis baru yang dilombakan. Varietas baru itu dibagi menjadi 2 kelas yakni captive bred dan wild caught. Beberapa jenis tergolong baru meski tidak diikutlombakan seperti Gnathonemus petersii. Ikan belalai itu dipajang di gerai eksportir terbesar di Singapura, Qian Hu Coorporation. (Dian Adijaya S)

1. Snow white angel Pterophyllum sp

Badan pipih, sirip punggung dan perut simetris sehingga membentuk segitiga. Sosok dan coraknya mirip Pterophyllum scalare. Namun bentuk muka agak pesek.

2. Unnamed platy Xiphophorus sp

Platy ini memiliki paduan warna istimewa. Sirip punggung dan ekor bercorak. Corak di tubuh terdiri dari paduan warna emas dan biru. Di punggung terdapat bintik-bintik hijau mengilat

yang memanjang.

3. Unnamed corydoras Corydoras aeneus

Tubuh kuning terang. Sirip ekor dan punggung tampak transparan. Jenis ini istimewa karena albino dengan ciri mata merah.

4. Unnamed corydoras Corydoras sp

Tubuh diselimuti totol-totol hitam dari kepala hingga pangkal ekor. Beberapa guratan hitam vertikal menghiasi sirip ekor. Corydoras ini tampak elegan lantaran sirip dada berwarna merah.

5. Unnamed monotretus Monotretus sp

Boleh dibilang jenis ini buntal air tawar terkecil di dunia. Ukurannya tak sampai seruas kelingking orang dewasa. Tubuh diselimuti corak kuning dengan bentuk tubuh mengecil ke arah pangkal ekor.

6. Unnamed pleco Peckoltia sp

Tubuh hitam dengan totol-totol putih solid. Penampilannya kian cantik lantaran totol-totol menyebar rapi dan merata. Ikan ini ditemukan di Rio Xingu, Brazil.

7. Unnamed catfish Pimelodus sp

Anggota keluarga pimelodus memang dikenal berukuran kecil. Jenis ini memiliki corak tubuh kekuningan. Setengah tubuh ke arah punggung ditutupi totol-totol besar. Sirip ekor putih transparan dengan sedikit corak hitam.

8. Unnamed characin Hypessobrycon sp

Tubuh tampak tembus pandang. Sirip punggung transparan dengan sedikit corak hitam. Penampilannya eksotik lantaran pada tulang punggung dan sirip ekor terdapat corak merah.

9. Unnamed characin Distichodus sp

Sosok dan corak hampir serupa Distichodus affi nis. Namun, Distichodus sp berekor transparan dan bercorak merah ujung-ujungnya.

10. Kumpay Carassius auratus

Sosoknya seperti ryukin dengan punuk alias hump yang tinggi. Penampilan seluruh sirip renang ekor mirip oranda. Lebar dan menjurai. Tubuh Carassiusauratus ini bercorak merah- putih.

11. Roxy lyretail sail fin molly Poecilia latipinna

Sirip dada yang menjuntai seperti dasi merupakan keistimewaan jenis ini. Tak aneh jika ikan ini tampak anggun. Ia merupakan tangkaran Mr Ong Choon Lye.

12. Unnamed molly Poecilia sp

Ikan yang dikembangkan oleh penangkar di Singapura ini istimewa karena corak putih di tubuh bertebaran totol-totol hitam, oranye, dan merah seperti corak kaliko pada maskoki.

13. Ancient fish Gnathonemus petersii

Ikan ini memiliki sungut mirip belalai gajah. Corak tubuh hitam kebiruan. Yang menarik setengah badan ke pangkal ekor memiliki corak hitamputih yang terkesan eksotik

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img