Saturday, June 22, 2024

Potensi Bisnis Kafe Jamu

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—“Tak dapat dipungkiri bahwa anak muda zaman sekarang tidak jauh-jauh dari yang namanya kafe,” kata Dea Rahmadhani. Namun, perempuan asal Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, itu menangkap peluang itu dengan mendirikan kafe jamu bernama Jamoein Cafe.

“Jamoein Cafe menggabungkan konsep tradisional dan modern dengan menjual jamu di kafe,” ujar Dea. Ia dan  kedua rekan memberdayakan penjual jamu tradisional di seputar Kota Malang sebagai pemasok.

Kebutuhan masyarakat terhadap suplemen yang menjaga imunitas dan kesehatan tubuh makin meningkat.  Penjual jamu di kafe dan kemasan bubuk pun dapat dihitung dengan jari. Meski peluang terbuka lebar, bukan berarti usaha berjalan tanpa perhitungan.

Apalagi Dea sebagai mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang, harus cermat menghitung. Yang paling penting, dari aspek keuangan harus layak diusahakan dan menguntungkan.

Permintaan merupakan keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk membeli. Oleh sebab itu, lokasi yang mudah dijangkau harus diperhatikan untuk menjaga besarnya permintaan.

Ia pun memilih lokasi kafe di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Alasannya dekat pemukiman sehingga mudah dijangkau konsumen dan tenaga kerja.

Untuk memenuhi persediaan bahan baku, ia dapatkan dari tiga pemasok yaitu penjual jamu tradisional, petani rempah-rempah, dan petani tanaman toga. Dari bahan baku itu ia memproduksi sekitar 500 porsi jamu per hari untuk dijual secara langsung di kafe dan melaui penjualan daring.

Baca selengkapnya pada Majalah Edisi 655 Juni 2024 mengupas tuntas Viral, Kafe Jamu Modern. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 655 Juni 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berbisnis Olahan Bayam, Anak Muda Asal Tasikmalaya Raup Omzet Puluhan Juta

Trubus.id—Bayam tidak hanya menjadi sumber zat besi, tetapi juga bisa menjadi sumber cuan bagi  Filsya Khoirina Fildzah, S.Kep., Ners...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img