Saturday, December 3, 2022

Prospek Berkebun Durian dan Avokad Sangat Menjanjikan

Rekomendasi

Trubus.id — Durian dan avokad adalah dua komoditas buah yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya cita rasanya yang lezat, berkebun durian dan avokad juga memiliki prospek yang sangat menjanjikan dari sisi bisnis.

Sandi Caroko, Konsultan Agribisnis Toko Trubus, mengatakan, salah satu alasan yang membuat durian dan avokad bisa jadi ide bisnis budidaya yakni karena harga keduanya dari tahun ke tahun cenderung stabil.

“Harga durian yang memilik prospek bagus yaitu durian duri hitam dan durian musang king. Durian musang king di pasaran harga Rp450.000 per kilogram,” jelasnya pada webinar Tanya Toko Trubus Prospek Berkebun Durian dan Alpukat, Kamis (22/09).

Lebih lanjut, Sandi mencontohkan, satu buah durian dapat berbobot 2 kilogram, per buah durian musang king dibendrol Rp900.000. Jika satu pohon ada 10 buah, artinya sudah Rp9 juta–Rp10 juta. Kalau secara umum, populasi lahan 1 hektare bisa mencapai 100–150 pohon, berarti pekebun bisa mendapat omzet Rp1,5 miliar dalam sekali panen.

Tidak hanya durian, avokad juga memiliki prospek bisnis yang sangat bagus. Contoh saja, kata Sandi, pasar induk di Jakarta bisa menyerap 150 ton avokad. Itu hanya satu pasar dan satu wilayah, belum lagi pasar-pasar modern. Harga avokad juga stabil, minimal di harga Rp20.000 per kilogram.

Menurutnya, semakin ke sini avokad juga menjadi buah primadona. Hal ini karena banyak orang yang mengolah avokad menjadi aneka pangan lezat, seperti jus, bubur bayi, frozen daging avokad, dan lainnya. Kreasi olahan avokad tersebut dapat membuat permintaan buah avokad semakin meningkat.

Sandi dan tim konsultan agribisnis Toko Trubus mengaku telah banyak mendampingi pekebun durian dan avokad pemula hingga sukses membuahkan.

Pekebun dampingan Toko Trubus tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya, Sudirman pekebun durian dari Pekanbaru, Haris pekebun avokad di Palembang, dan pekebun dampingan yang berada di Bogor, Jember, Lampung dan masih banyak pekebun sukses dampingan Toko Trubus.

Sandi menyarankan kepada calon pekebun durian dan avokad pemula untuk bisa membaca peluang ini. Ditambah, durian menjadi salah satu komoditas yang diminati pasar mancanegara.

“Jadi, kalau pasar domestik sudah terpenuhi, pekebun bisa turut mengekspor durian ke pasar mancanegara,” tuturnya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img