Monday, August 8, 2022

Punglor Merah Gacor di Kontes

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Jambrong gagal berprestasi karena konsentrasinya mudah buyar. Menurut Suwarno, anis merah-sebutan lain punglor-yang 2-3 tahun lalu sempat menggenggam beberapa gelar juara itu terlalu intim dengannya. Akibatnya, Jambrong kerap ‘celingak-celinguk’ di kontes bila orang yang dikenal melintas.

Kasus serupa sering dialami hobiis lain. Prestasi anis merah di kontes terkenal labil. Minggu ini juara, lain waktu terpuruk, atau sebaliknya. Itu ditengarai karena hobiis belum memahami karakter anis merah. Perilakunya sangat manja dan mudah bercengkerama dengan orang yang rajin memberikan pakan. Wajar orang bilang, melatih anis siap kontes gampang-gampang susah. Bila Anda ingin memiliki anis merah berprestasi stabil, beginilah caranya.

Pastikan jantan

Anis calon juara terlihat lincah, mata bulat cerah, paruh besar panjang, dan kaki bersisik hitam mengkilap sejak masih bakalan. Bila diambil dari burung hasil tangkaran sifatnya jinak, mudah beradaptasi, dan gampang dibentuk. Hasil tangkapan lebih sulit beradaptasi, tetapi volume suara lebih keras.

Pastikan pilih yang berkelamin jantan. Fisiknya lebih besar dan warna bulu lebih tajam dibanding betina. Kepala lebih besar dan agak mendongak ke atas. Suara dan volume keras serta tajam. Jantan layak kontes sayapnya tidak ngeper saat didekatkan dengan anis lain.

Bakalan yang bagus suaranya bervariasi dan mempunyai karakter ‘teler’. Saat akan berkicau, kepala diangkat tinggi-tinggi lalu dilenggak-lenggokkan ke kiri dan ke kanan. Sesekali kepala dijatuhkan ke bawah sampai hampir menyentuh dada.

Ciri khas itu biasanya terlihat saat anis merah berumur 1 tahun. Itulah umur tepat memilih bakalan. Bila terlalu muda sangat riskan karena mentalnya masih labil. Sebaliknya, yang terlalu tua sulit untuk diisi suaranya dengan burung master.

Kerudungi sangkar

Bakalan anis merah terpilih ditaruh pada sangkar bulat berdiameter 30 cm, dikerudungi kain. Tujuannya agar burung tidak mudah pecah konsentrasi. Kunci lain ialah pakan. Berikan voer sebagai pakan tetap. Sesendok teh kroto segar dan 2 jangkrik setiap pagi untuk pakan tambahan. Sore hari cukup diberi seekor jangkrik.

Anis merah berprestasi bertubuh sehat dan bersih. Karena itu mandikan tubuhnya setiap pagi, lalu jemur sekitar pukul 07.30-09.30 WIB agar stamina terjaga. Perawatan itu berubah tergantung kondisi burung dan cuaca. Burung yang bulunya rontok jangan dimandikan, cukup dibersihkan. Penjemuran hanya dilakukan 2 hari sekali selama 15 menit.

Perlakuan itu berlaku bagi anis merah yang kondisinya menurun setelah kontes. Pisahkan dan hindarkan dari hiruk-pikuk aktivitas manusia untuk memulihkan kondisi tubuh.

Hadap ke depan

Pada hari-H kontes, siapkan punglor merah dari rumah agar di arena kontes tinggal menggantangnya. Selama perjalanan, upayakan menyetir kendaraan dengan tenang. Posisi burung menghadap ke depan dan usahakan menghindari nangkring menyamping agar tidak mabuk. Jangan dekatkan anis merah dengan burung sejenis. Bila terpaksa membawa lebih dari seekor, letakkan selang-seling dengan burung jenis lain.

Itu untuk menghindari punglor merah terus berkicau di perjalanan dan drop saat kontes. Trik lain, usahakan hadir di lokasi kontes 1 jam sebelum acara, agar burung beradaptasi dan istirahat sejenak. Sekali lagi, jangan buka kerudung dan mendekatkan ke sesama sebelum juri tiba ke arena kontes untuk menilai. (Drs Hananto Prasetyo SH, pemilik Kicaumania Legendaris di Purwokerto)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img