Thursday, August 11, 2022

Putsa Taiwan : Bongsor Meski Dipotkan

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Beberapa penangkar mengatasi hal itu dengan membuat pergola. Percabangan putsa menjadi lebih rapi, indah, dan membulat seperti bola besar. Namun, cara itu bukan tanpa masalah. Buah justru menggantung di bagian dalam bola sehingga kelebatan buah tak terlihat karena tertutup daun. Padahal, kepuasan muncul saat melihat kelebatan buah di tabulampot.

Toh, menampilkan tabulampot putsa bongsor sarat buah bukan hal mustahil. Buktinya Ricky Hadimulyo, pemilik Hara Nurseri, berhasil mewujudkan impian itu dengan membuat tabulampot putsa taiwan. Saya pilih putsa taiwan karena lebih unggul dan pertumbuhannya cepat, kata Ricky. Kuncinya: pemilihan bibit dan tipe penyangga. Didukung oleh media tanam, pemupukan daun, dan pemangkasan tepat.

Tiang besi

Agar putsa taiwan tumbuh tegak, Ricky mengganti bola pergola dengan 4 tiang besi seukuran pensil setinggi 1,7 m. Keempat tiang besi itu dihubungkan dengan 4 kawat yang dilingkarkan membentuk rangka batang pohon berdiameter 35 cm. Rangka itu diletakkan di tengah pot sebagai rambatan. Putsa ditanam tepat di tengah-tengah pusat rangka besi. Dengan tiang ini, tanaman kokoh hingga setinggi 2 m. Buah yang muncul juga terlihat karena menjuntai keluar, papar Ricky.

Setelah penyangga siap, ahli hama dan penyakit tumbuhan itu menyiapkan media tanam. Menurutnya, putsa menyukai media porous. Artinya, media itu mudah dilewati air. Ricky memilih cocopeat, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Ia tak menggunakan tanah sama sekali. Pupuk kandang dipilih berasal dari kotoran kambing. Pertimbangannya, gulma yang tumbuh dari kotoran kambing lebih sedikit dibanding kotoran sapi. Sebagai pupuk awal, gunakan NPK 15:15:15 sebanyak 10 g.

Dalam pengamatan Trubus, media itu tergolong istimewa. Pasalnya, jarang sekali tabulampot buah menggunakan media cocopeat. Lazimnya, penangkar buah menggunakan media sekam, pupuk kandang, dan tanah dengan komposisi 2:2:1.

Menurut Ir Wijaya, pakar buah di Bogor, campuran cocopeat dan sekam jauh lebih porous ketimbang tanah. Hanya saja cocopeat lebih sulit dicari dan lebih mahal ketimbang tanah. Toh, dengan media pilihan, pertumbuhan putsa luar biasa.

Cahaya penuh

Selanjutnya, tanam bibit putsa taiwan di pot yang telah disiapkan. Lalu pangkas cabang dan ranting yang mengering. Ikat cabang dan ranting pada rangka besi. Lalu, letakkan tabulampot di tempat terbuka yang mendapat sinar matahari langsung. Maklum, kurma india itu menyukai lingkungan kering tapi cukup air. Biasanya 2 -3 hari setelah tanam, pertumbuhan langsung pesat. Tunas dan daun muda bermunculan, setelah itu disusul bunga, kata pria bertubuh tinggi itu.

Tahap berikutnya ialah perawatan intensif, seperti penyiraman sesuai kebutuhan. Bila media terlihat mengering, berarti tanaman butuh air. Pada musim kemarau,frekuensi penyiraman 6 kali per minggu. Sementara pada musim hujan, cukup seminggu 2 -3 kali. Berikan pupuk susulan setiap bulan berupa NPK 15:15:15 sebanyak 10 g di sekitar batang.

Semprotkan juga pupuk daun dengan kompoisi seimbang 20:20:20 seminggu sekali. Dosisnya, 1 g/l. Putsa itu bandel dan rajin berbuah. Dengan pupuk seimbang buah bermunculan. Tak perlu lagi pupuk P tinggi, ujarnya. Sekitar 1 -2 bulan kemudian buah mulai bermunculan. Pentil yang muncul tak perlu dibesarkan semua. Biasanya buah muncul berpasangan, maka pilihlah 1 buah yang sehat untuk dibesarkan.

Penjarangan mesti dilakukan saat buah seukuran kelereng.Buah yang dibuang 50%, sisanya langsung dibungkus plastik, ujar hobiis tanaman perangkap serangga itu. Pada saat penjarangan buah, lakukan juga pemangkasan cabang dan ranting kering. Daun yang telah menguning dibuang. Perompesan itu membuat aliran makanan ke buah berjalan optimal.

Perlakuan-perlakuan itu membuat pertumbuhan putsa bongsor dan berbuah montok. Lakukan penggantian pot bila ukuran tanaman semakin besar. Dalam 1,5 tahun,Ricky telah mengganti pot 3 kali. Pertama pot berdiameter 30 cm, kedua 40 cm,dan terakhir 50 cm. Tambahkan media secukupnya setiap kali repotting . Menurut Ricky, teknik membongsorkan putsa taiwan itu dapat juga diterapkan pada putsa jenis lain, misal putsa thailand berbuah bulat.(Destika Cahyana

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img