Wednesday, February 21, 2024

Ragam Cokelat Unik Kreasi UMKM, Inspirasi Hadiah di Hari Valentine

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id-Produsen cokelat berlomba-lomba mempersembahkan kreasi cokelat unik. Cokelat sering menjadi tanda ungkapan kasih sayang dan kenyamanan. Dulu Suku Maya dan Aztec menganggap cokelat sebagai makanan mewah.

Kini orang juga banyak menyerbu makanan cokelat apalagi saat merayakan hari valetin. Berikut olahan cokelat lokal unik yang dapat menjadi pilihan Anda.

Cokelat Sensasi Rempah

Cokelat nDalem. (Dok. Cokelat nDalem)

Produsen cokelat Meika Hazim dan Yuda dari Cokelat nDalem berkreasi membuat olahan cokelat yang unik. Salah satunya cokelat berasa manis kombinasi pedas dari cabai.  Berasa pedas. Namun, rasa pedas itu tidak hanya dari cabai ada juga dari jahe dan daun pokok.

Ia juga memproduksi cokelat rasa rempahnesia yang diolah dari cokelat dengan perisa ekstrak rempah seperti cengkih, serai, dan kayumanis. Cokelat lainnya rasa kopinesia, yaitu perpaduan cokelat dengan isian biji kopi arabika dari berbagai sentra produksi.

Cokelat Pegagan

Cokelat Pegagan. (Dok. Wondis)

Cokelat unik lainnya kreasi Dwi Martuti Rahayu dari brand jenama Wondis berkreasi mengolah perpaduan cokelat dengan pegagan.  Ia menambahkan 15 gram serbuk kering daun pegagan per kilogram cokelat olahan.

Wondis terpajang di jejaring Tomira — minimarket lokal Kulonprogo—berbagai gerai oleh-oleh khas DIY, dan jejaring pasar modern di Yogyakarta. Pembeli meminati Wondis lantaran itu satu-satunya produk cokelat mengandung pegagan, yang khasiatnya sudah terbukti.

Cokelat Tempe

Cokelat tempe. (Dok. Yoga Surya P)

Lazimnya cokelat berpadu dengan almon atau kacang mete. Namun Yoga Surya Pratama berinovasi memadukan tempe dan cokelat. Alasan pemilihan tempe agar produk kreasi Yoga berbeda dari produk cokelat lainnya Cokelat tempe jenama De Konco itu digemari konsumen.  Harga cokelat tempe De Konco bervariasi Rp9.000—Rp100.000 per kemasan.

Cokelat Antidiabetes

Ilustrasi cokelat, khasiat cokelat berpotensi turunkan kadar gula darah. (Dok. Trubus)

Cokelat murni sohor sebagai pangan yang baik untuk kesehatan. Pendiri PT Pengelola Aset Islami Indonesia, Afdhal Aliasar, S.T., membuat produk khusus yang ramah bagi diabetasi atau pengidap diabetes melitus.

Hal itu senada dengan penelitian Novia Erlitaningtyas dari Program Studi Biologi, Fakultas Sain dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Hasil penelitian menyatakan, pemberian bubuk cokelat dapat menurunkan kadar gula pada hewan uji mencit yang sebelumnya diinduksi aloksan untuk meningkatkan kadar gula darah. Cokelat mengandung senyawa aktif antioksidan polifenol.

Senyawa polifenol berperan untuk merangsang pengaktifan insulin yang akan menyebabkan menurunnya glukosa darah.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Bisnis Madu Meningkat Menjelang Puasa dan Liburan

Trubus.id— “Permintaan madu bisa dua kali lipat ketika bulan puasa dan pekan liburan,” kata peternak lebah trigona di Kabupaten...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img