Saturday, April 13, 2024

Ragam Inovasi Pupuk Tingkatkan Produksi Petani

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Inovasi pupuk dan pemupukan adalah upaya intensifikasi untuk meningkatkan hasil panen. Pupuk yang dapat meningkatkan produksi petani kian diminati. PT Mandraguna Pusaka Indonesia berinovasi memproduksi  pupuk organik cair berbahan lemak hewani sehingga kaya kandungan protein dan asam amino. 

Menurut chief executive officer (CEO) PT Mandraguna Pusaka Indonesia, Muhamad Rian inovasi itu terbilang baru, lantaran belum ada yang memanfaatkan lemak hewani sebagai pupuk. Sumber pupuk organik asal hewan paling banter dari kotoran dan urine. Inovasi itu Rian temukan pada 2021 dari rangkaian percobaan sejak 2020.

Selain POC lemak hewani yang mengandung asam amino, inovasi pupuk POC berteknologi nano juga menjadi harapan petani. Nano artinya unsur yang terkandung pada pupuk berpartikel nano, sehingga mudah diserap tanaman. 

Selain itu penggunaannya pun lebih hemat dibandingkan dengan POC biasa. POC biasa umumnya membutuhkan 35 liter untuk 1 ha lahan padi, sedangkan POC nano cukup 0,1 liter (setara 14 saset). Inovasi pupuk dengan konsep teknologi nano tidak hanya dari pupuk organik.

Adapula inovasi dari pupuk anorganik seperti pupuk nanosilika. Salah satu  produk pupuk nanosilika yakni hasil penelitian Dr. Agus Subagio, M.Si., Dr. Erma Prihastanti, M.Si., Ngadiwiyana, M.Si., Khasan Rowi, S.Si., dan Ahmad Gufron, S.Si., dari Laboratorium Bio-Nanoteknologi, Universitas Diponegoro, Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Pemakaian pupuk silika berukuran nano (0,0000000001 meter) efektif dan efisien meningkatkan hasil panen. Alasannya penyerapan silika lebih cepat dan maksimal melalui mulut daun (stomata) karena berukuran nanometer.

Pupuk nanosilika kreasi Agus dan tim berasal dari sodium silicate dalam pasir silika yang banyak terdapat di Indonesia. Namun, pupuk bikinan Agus dan tim masih terbatas untuk lahan uji coba karena masih dalam proses mengurus izin edar.

Dari berbagai inovasi pupuk itu sejumlah petani telah meraup manfaatnya yakni dapat mendongkrak hasil panen petani. Baca selengkapnya pada Majalah Edisi 652 Maret 2024  yang mengupas tuntas Inovasi Pupuk : Tingkatkan Produksi Hingga 100%. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 652 Maret 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img