Saturday, April 13, 2024

Ragam Jenis Pisang Pilihan yang Layak di Kebunkan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Menurut Direktur Paskomnas, Ir. Soekam Parwadi, konsumen pisang meja—sebutan untuk pisang yang dikonsumsi segar dan tanpa olahan—bisa dibedakan menjadi dua, yakni generasi milenial dan senior. Pisang pilihan kaum milenial misalnya jenis cavendish dan mas kirana.

Adapun generasi senior lebih senang pisang jenis lawas, antara lain kepok kuning, barangan, raja bulu dan raja temen. Alumnus Universitas Tidar itu mengatakan, pasokan pisang yang disenangi milenial dan senior seimbang masing-masing 50% dari total pasokan.

Namun, Soekam menyarankan pekebun menghindari budidaya satu jenis pisang. Sebaiknya pekebun menanam beragam jenis pisang agar lebih ekonomis. Ketika harga jenis tertentu turun, misal karena produksi berlebih, pekebun memiliki alternatif jenis lain yang harganya melonjak.  Persoalannya menentukan jenis apa yang harus dikebunkan?

Manajer Pengembangan Bisnis PT Laris Manis Utama, Vendi Tri Suseno, mengatakan, pekebun harus berorientasi pada pasar ketika membudidayakan pisang. “Pasar membutuhkan pisang apa? Itu yang harus dipasok oleh pekebun,” ujar Sarjana Teknologi Pertanian alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Vendi menuturkan, cavendish mendominasi hingga 70% pisang meja untuk pasar swalayan. Permintaan jenis lain seperti pisang barangan dan raja masih di bawah cavendish. Sementara itu Soekam merekomendasikan pisang mas kirana dan raja bulu untuk dibudidayakan.

Pertimbangannya permintaan kedua jenis pisang itu relatif besar. Menurut Vendi kendala pasokan pisang selain produksi adalah distribusi. Meski produksi cukup jika distribusi buruk menyebabkan produk mudah rusak sehingga menurunkan harga. “Perlu upaya untuk meningkatkan mutu pisang,” kata Vendi.

Soekam mengatakan hal serupa. Jenis pisang ambon mudah rusak antara lain karakter pisang itu sendiri, distribusi, dan pascapanen yang belum memadai. Seokam mengatakan, perlu teknik pascapanen dan distribusi baik untuk meningkatkan mutu pisang ambon, mas, raja, dan barangan.

Tujuannya agar hasil panen mulus, awet, dan tidak mudah rusak. “Cavendish pun dipanen hijau, menjadi kuning lewat perlakuan. Artinya jenis pisang lain memungkinkan pula ditingkatkan mutunya dengan perlakuan khusus,” kata Soekam.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img