Sunday, August 14, 2022

Rahasia Mengkilapkan sang Liliput

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Itu bukan satu-satunya keloksi di Bintaro, Tangerang, yang menyabet gelar bergengsi. Dua serama lain juga mengikuti jejak sukses Ken Dedes. Rahasianya ada pada perawatan bulu unggas mini itu.

Hampir semua koleksi Nuryasin berbulu bersih dan mengkilap. “Bulu rapi karena setiap helai diurut dengan kedua jari searah pertumbuhan bulu. Pengurutan dimulai dari leher lalu ke bagian tubuh lain,” ujar Gani, perawat Faradina Farm milik Nuryasin itu. Sang liliput itu dimandikan minimal sekali sepekan. Inilah cara memandikan supaya penampilannya kian mempesona. (Nyuwan SB)

  1. Memandikan serama bisa kapan saja, tapi sebaiknya pada pukul 09.00. Siapkan baskom atau bak, lalu isi air bersih hingga separuhnya.
  2. Semprot air ke sekujur tubuh ayam dengan sprayer. Bersihkan kepala, telapak kaki, jari-jari, dan kaki serama. Jika perlu digosok dengan sikat halus.
  3. Siapkan sampo khusus hewan kesayangan yang dijual di pet shop. Kalau tidak ada, pakai sampo bayi ke mangkuk. Dosis secukupnya.
  4. Usapkan sampo dengan spon halus hingga berbusa, mulai dari kepala hingga ekor. Lakukan dengan hati-hati agar air tidak sampai terkena mata atau masuk ke lubang telinga.
  5. Masukkan ayam ke baskom berisi air, lalu gosok bulunya hingga bersih.
  6. 6 Bila ayam terserang kutu, siapkan air di baskom terpisah. Tambahkan obat antikutu, dosisnya sesuai dengan petunjuk di kemasan.
  7. Masukkan ayam ke baskom, biarkan 2—5menit hingga obat kutu masuk hingga kulit.
  8. 8 Bulu dikeringkan dengan spon halus sambil diurut bulu sayap dan ekor searah pertumbuhannya.
  9. Pegang ayam di meja, sambil mengurut bulunya
  10. Letakkan ayam di meja, lalu jemur selama 30 menit

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img