Thursday, June 13, 2024

Rahasia Ubi Jalar Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Kanker prostat mengancam kaum adam. Ibu-ibu pun tak luput diintai kanker payudara. Ubi jalar menjadi perisai yang ampuh untuk berkelit dari penyakit ganas itu. Rahasianya ada pada betakaroten yang menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Keampuhan Ipomoea batatas—nama Latin ubi jalar—menangkal kanker dibuktikan oleh periset. Asam retinoik hasil metabolisme bekaroten dalam tubuh menghambat pertumbuhan onkogen, gen penyebab kanker.

Mengonsumsi bahan pangan kaya dengan betakaroten dan antioksidan mengurangi risiko kanker perut, paru-paru, mulut, dan tenggorokan. Selain provitamin A—nama lain betakaroten—kandungan vitamin C dan E yang tinggi salah satu kelebihan kerabat kangkung itu.

Tak heran, bila ubi jalar menjadi menu diet lantaran kandungan lemak yang rendah, tetapi kaya vitamin B6, zat besi, kalsium, dan serat. Itu pula yang mendorong pemulia ubi jalar di Balitkabi untuk terus menghasilkan umbi sarat vitamin A. Vitamin A memperkuat jaringan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ada berbagai varietas ubi jalar unggul dengan kandungan betakaroten tinggi. Contohnya, ubi jalar varietas sukuh. Hasil persilangan bebas dari klon induk betina AB 940 itu memiliki bahan kering tertinggi dibanding 4 varietas baru lainnya.

Ubi jalar sukuh cocok ditanam di tegalan dan sawah. Produktivitasnya pun tinggi, yakni 25–30 ton per hektare dengan umur panen rata-rata 4–4,5 bulan.

Potensi serupa juga terdapat pada varietas jago dan kidal. Kedua varietas itu agak tahan hama boleng Cylas formicarius dan penyakit kudis Sphaceloma batatas. Wajar, jika kandungan bahan kering tinggi, mencapai 33,3% dan 31,0%. Dengan daging umbi berwarna kuning muda, varietas jago sangat cocok untuk bahan industri seperti tepung.

Sementara itu, varietas kidal, hasil persilangan bebas dari klon induk inaswang tampil menarik dengan daging umbi berwarna jingga. Kandungan betakaroten pun tertinggi di antara yang lain, yakni 347,84 mkg per 100 gram bahan. Kidal sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi  Gelar Tanam Pohon Serentak di 18 Provinsi

Trubus.id—Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi (KFLHK) yakni Perhimpunan Filantropi Indonesia, Dompet Dhuafa, Belantara Foundation, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV),...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img