Thursday, December 8, 2022

Raja Buah di Tengah Laut

Rekomendasi

Mohon datang untuk menjuri di pesta durian.’ kandidat doktor durian itu heran bukan kepalang, lazimnya musim durian di tanah sumatera dan jawa jatuh pada akhir dan awal tahun. Artinya, musim durian di pulau lingga berbarengan dengan thailand.

 

Sejenak Lutfi ragu memenuhi undangan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau itu. Namun, bayangan durian lokal dapat dinikmati di pertengahan tahun begitu menggoda. Nasihat Prof Semeru Ashari MAgrSc PhD, guru besar di Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, kian menguatkannya. ‘Bila benar sama dengan Thailand, maka durian lingga berpotensi masuk ke Jawa dengan harga bagus,’ kata Semeru.

Keraguan Lutfi sirna seketika begitu menapakkan kaki di kota Daik, Pulau Lingga, Kabupaten Lingga, pada awal Juli 2009. Ratusan pohon durian yang digelayuti buah lebat berjajar menyambut di tepi jalan dan pekarangan rumah. Di lapak-lapak kecil durian yang dibandrol Rp7.500-Rp15.000 per buah tampak menumpuk. Peserta kontes raja buah pun membludak: ada 150 peserta dari 10 desa di wilayah Lingga.

Di luar musim

Musim durian di pulau seluas 110.000 hektar itu memang jatuh pada Mei sampai Agustus. Berbeda dengan daerah lain di Indonesia yang umumnya jatuh pada Oktober sampai Februari. Di Solok, Sumatera Barat, misalnya, panen raya durian jatuh pada November-Desember. Di Majalengka, Jawa Barat, Desember-Februari. Sedangkan di Pontianak, Kalimantan Barat, Desember-Januari.

Di luar bulan itu durian lokal kosong di pasaran. Makanya monthong asal Thailand yang panen Mei-Agustus membanjiri pasar.

Menurut Semeru, berbarengannya musim durian di Pulau Lingga dengan Thailand karena posisi kedua wilayah itu masih dalam garis bujur yang relatif dekat. Thailand, tepatnya di sentra durian di Chanthaburi berada di 102oBT dan Rayong 101oBT. Sedangkan Lingga 104oBT. ‘Posisi bujur mempengaruhi musim kemarau dan penghujan suatu daerah sehingga berdampak langsung pada musim berbunga dan berbuah,’ katanya.

Itu diamini Sobir PhD dari Pusat Kajian Buah Tropika, Bogor. ‘Buah-buah tropis, termasuk durian, memerlukan musim kering tanpa hujan minimal 2 bulan sebelum berbunga. Saat mengalami kekeringan, maka tanaman terpacu untuk memunculkan bunga,’ kata Sobir.

Menurut Deddy Zulfriaddi Noor, kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lingga, musim kering tanpa hujan di Lingga hanya sekitar Desember dan Januari, selanjutnya mulai turun hujan. Hujan yang datang pascamusim kering merangsang bunga muncul akhir Januari. Oleh karena itu, raja buah mulai bisa dinikmati akhir Mei sampai Agustus. Di Belitung yang berlokasi di 107oBT, dan di Pulau Pinang, Malaysia, 100oBT, musim durian jatuh pada Juni.

Yang unik, musim durian di Lingga berbeda jauh dengan di Sumatera. Di Riau yang terdekat dengan Lingga, musim raja buah jatuh pada November-Januari. ‘Panen raya durian di Riau mayoritas akhir tahun, tapi untuk daerah pesisir seperti Pulau Bengkalis jatuh pada pertengahan tahun,’ kata Agus Heryono, peneliti Balai Pengawasan Sertifikasi Benih, Riau.

Menurut Gregori Hambali, pakar buah di Bogor, iklim di wilayah Lingga yang merupakan pulau kecil relatif berbeda dengan pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, atau Jawa. ‘Di pulau kecil iklimnya benar-benar dipengaruhi angin di lautan yang mengelilingi. Di pulau besar cenderung lebih stabil,’ katanya. Makanya musim kering dan hujan berbeda.

Rasanya gurih

Durian di Pulau Lingga juga punya keunggulan yang jarang ditemukan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. ‘Rasanya tak hanya manis atau manis agak pahit. Durian lingga ada rasa gurihnya,’ kata Lutfi. Tekstur daging buah umumnya lembut dan tidak lengket sehingga mudah ditelan. Lutfi menduga angin laut yang membawa kandungan garam dari laut di sekitar pulau-pulau di Lingga memberi rasa gurih durian lingga.

Greg mengamini pendapat Lutfi. ‘Bisa juga kandungan tanah di pulau yang dikeliling laut kaya garam-garam. Jadi berpadu antara garam dari tanah dan garam yang terbawa angin dan hujan,’ kata Greg. Di kabupaten yang terdiri 531 pulau besar dan kecil itu juga banyak dijumpai kerantungan Durio oxleyanus. Buah berukuran mini itu tersebar merata layaknya durian. Ia dijajakan bersanding dengan durian Durio zibethinus di lapaklapak dengan harga hampir sama. Sekilas, tampilan kerantungan asal Lingga mirip dengan kerantungan dari Kalimantan. Buah seukuran bola takraw dengan kulit berwarna hijau, duri panjang-panjang, dan daging buahnya tipis. Bedanya, kerantungan asal Lingga lebih manis, lembut, dan gurih.

Menurut Sobir buah yang berada di dataran rendah dekat dengan laut seperti di Kabupaten Lingga, cenderung lebih manis. Itu karena suhu tinggi membuat proses pematangan buah cepat, Dengan jumlah fotosintat yang sama dan proses pematangan yang cepat maka konsentrasi gula akan lebih tinggi daripada buah dataran tinggi. Namun, biasanya ukuran buah lebih kecil.

Terpelihara

Menurut Ir Swedianto dari Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Peternakan Provinsi Kepulauan Riau, Lingga memang sudah lama dikenal sebagai sasaran para maniak durian Kepulauan Riau. ‘Di Kepulauan Riau, sentra durian terbesar adalah Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga,’ katanya.

Durian-durian raksasa berdiameter 5 pelukan orang dewasa dengan tinggi sekitar 35-40 m banyak dijumpai di Lingga. Diduga pohon-pohon durian itu sudah ada sejak zaman Kesultanan Johor-Pahang-Riau- Lingga yang dipimpin Sultan Mahmud Syah I pada 1511.

Sayang, durian dari Lingga tak sempat menembus pasar Jawa dan Sumatera karena pasokan terbatas. Toh, menurut Lutfi dengan perencanaan tepat, durian asal Lingga punya peluang mensubstitusi monthong yang memenuhi pasar Jawa setiap pertengahan tahun. (Nesia Artdiyasa)

 

Garam yang terbawa angin laut ke daratan membuat rasa durian di Lingga gurih

Durian mudah dijumpai di tepi jalan di Daik, Lingga

>> >

Foto-foto: Nesia Artdiyasa

 

Pulau Mesanak

Pulau Sebangka

Pulau Temiang

Pulau Bakung

Pulau Lingga

Pulau Posik

Pulau Selayar

Pulau Singkep

Belitung

Kabupaten Lingga

Pulau Pinang

Garis Katulistiwa

BT 1000

BT 1000

BT 1040

BT 1040

BT 1070

BT 1070

00

Pulau Lingga

> > >Kerantungan lingga manis dan lembut

Pulau Lingga, berada di garis bujur yang berdekatan dengan Pulau Pinang dan Thailand. Makanya musim

durian di ketiga tempat itu berbarengan

Ilustrasi: Bahrudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img