Wednesday, February 21, 2024

Ratusan Tanaman Sukulen Berkompetisi di Kontes Bergengsi

Rekomendasi
- Advertisement -

Komunitas Cactus, Succulent, and Sansevieria Lembang menyelenggarakan lomba bagi para pencinta tanaman kaktus dan sukulen. Panitia mempertandingkan 4 kelas yakni kaktus dan sukulen, kaudeks dan pachycaul, sansevieria, dan mini garden. Pada kelas kaktus dan sukulen terbagi menjadi 10 kategori meliputi kaktus variegata, kaktus berduri, kaktus klaster, kaktus Gymnocallycium mihanovichii dan LB, astrophytum, sukulen nonvariegata, sukulen variegata, agave variegata, agave non variegata, dan haworthia variegata.

Juri sedang menilai performa dan keindahan setiap tanaman yang ikut lomba. (Dok. Andari Titisari)

Juri kelas sukulen, Sugita Wijaya, mengatakan, peserta lomba memiliki kualitas mumpuni. Setiap tanaman tampil memesona. Sugita memberikan apresiasi kepada pemilik tanaman lantaran optimal merawat klangenan sehingga siap kontes. Pemilik tanaman juga jeli memilih pot yang membuat tanaman kian cantik. Sebagai contoh agave variegata bernomor peserta AV18 yang memiliki performa terbaik. Daun tersusun rapi dan roset. Corak variegata tegas yang muncul di bagian tengah ada di setiap helai daun

Agave variegata dengan susunan daun rapi dan roset dengan corak variegata menarik sukses melenggang sebagai juara kategori agave variegata. (Dok. Andari Titisari)

Adapun kelas sansevieria terbagi menjadi 11 kategori yakni variegata small A, variegata small B, variegata prospek, variegata madya, hybrid small A, hybrid small B, hybrid prospek, hybrid madya, trifasciata tunggal, trifasciata majemuk, dan spesies. Kontes berlangsung pada 10 Desember 2023 di Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Juri sedang menilai setiap tanaman sansevieria yang mengikuti lomba. (Dok. Intan Dwi N.)

Kontes berlangsung pada 10 Desember 2023 di Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang, Bandung, Jawa Barat.Menurut ketua panitia, Aldy Ridwan, kontes berlangsung sangat meriah. Total jenderal terdapat sekitar 700 peserta dari berbagai provinsi seperti Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, dan DKI Jakarta. “Kontes bertujuan mempererat hubungan antarpehobi sekaligus menjadi ajang berbagi ilmu seputar kaktus dan sukulen,” kata Aldy.

Aldy Ridwan, ketua panitia-berkaus hitam-menuturkan lomba berujuan sebagai wadah saling bertukar ilmu seputar dunia kaktus dan sukulen. (Dok. Intan Dwi N.)
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Bisnis Madu Meningkat Menjelang Puasa dan Liburan

Trubus.id— “Permintaan madu bisa dua kali lipat ketika bulan puasa dan pekan liburan,” kata peternak lebah trigona di Kabupaten...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img