Monday, April 15, 2024

Resep Olahan Kurma Aneka Rupa dan Rasa

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Kurma menjadi sajian yang banyak diburu saat menjelang Ramadan. Selama ini sebagian besar masyarakat menganggap kurma hanya bisa disantap segar atau kering untuk berbuka puasa. Padahal, buah padang pasir itu dapat menjadi berbagai olahan kurma.

Sumber inspirasi kuliner yang belum tergali. Kurma Phoenix dactylifera itu juga menjadi hidangan ternikmat saat Lebaran. Misalnya  kue cokelat kurma, kurma cokelat kacang mete, hingga kopi biji kurma.

Al hasil, menu buka puasa, makan sahur, atau hidangan Lebaran jadi lebih variatif. Anda juga tetap mendapatkan khasiat mengonsumsi kurma. Kurma kaya gizi dengan komposisi unik seperti gula bercampur serat.

Sebutir kurma mengandung 70% gula berkalori tinggi yang “terbungkus” serat. Dengan komposisi itu kurma dapat memberi tenaga yang cepat saat berbuka puasa untuk menggantikan energi yang berkurang setelah berpuasa. Saat dikonsumsi pada waktu sahur, kurma memberi rasa kenyang lebih lama karena seratnya yang tinggi.

Rasa kurma yang manis dengan tekstur mirip manisan membuatnya dapat menggantikan fungsi kismis atau sukade pada olahan kue, roti, kue kering, dan puding.

Bahkan, jika mau bereksperimen, masakan seperti nasi goreng dan kari ala Timur Tengah juga lebih istimewa jika menambahkan kurma di dalamnya. Hidangan penutup seperti puding juga kian lezat dan harum dengan kurma yang dihaluskan atau dicincang.

Resep Kurma Cokelat Kacang

Siapkan bahan 10 buah kurma tanpa biji, 10 buah kacang mete goreng utuh, 50 gram kacang almon, sangrai/panggang dan diremukkan, potongan 100 gram cokelat masak/cokelat batang.

Cara membuat:

  1. Masukkan sebuah kacang mete yang sudah digoreng ke dalam kurma sebagai pengganti biji.
  2. Tim cokelat hingga meleleh. Caranya, rebus air hingga mendidih lalu angkat. Letakkan panci lain yang berisi potongan cokelat di atas air panas tersebut lalu aduk sampai meleleh. Sebaiknya gunakan air panas untuk mengetim cokelat dan bukannya air mendidih. Cokelat akan bergumpal dan keras jika ditim di atas air mendidih.
  3. Celupkan kurma berisi kacang mede ke dalam cokelat satu per satu.
  4. Taburi dengan kacang almond.
  5. Dinginkan di lemari es selama 10 menit dan sajikan.

Kue Cokelat Kurma

Siapkan bahan  200 gram tepung terigu,  1 sendok teh baking powder,  2 sendok makan bubuk cokelat, 60 gram margarin, 5 sendok makan gula pasir, 2 butir telur, 100 ml susu cair, 60 gram cokelat masak, lelehkan, 2 sendok makan kurma, dan cincang kasar.

Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan gula hingga lembut.
  2. Campur dan ayak terigu, baking powder, dan bubuk cokelat, kemudian aduk rata.
  3. Masukkan bahan-bahan itu ke dalam kocokan mentega dan aduk rata.
  4. Masukkan telur sembari mengaduk hingga rata.
  5. Masukkan susu cair dan cokelat masak yang sudah dilelehkan, aduk rata.
  6. Masukkan cincangan kurma, aduk rata. Sisakan kurma untuk taburan.
  7. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin, taburi dengan sisa kurma.
  8. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan 180 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit atau dikukus dalam dandang yang sudah dipanaskan sekitar 45 menit.
  9. Angkat dan sajikan.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Sensasi Rasa Pir pada Durian Kawe

Trubus.id—Indonesia memiliki ragam durian lokal yang tak kalah enak. Salah satunya durian kawe dari Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img