Sunday, May 19, 2024

Ruangan Khusus Indukan Tanaman Hias Aroid Terintegrasi IoT Hasilkan Biji Berdaya Semai Hingga 100%

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Performa aroid yang sempurna didamba para pehobi tanaman hias. Pehobi sekaligus pebisnis aroid di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Rico Rusdiansyah, melengkapi rumah tanam (green house) dengan ruangan khusus untuk menghasilkan tanaman berkualitas unggul.

Rico mendesain ruangan itu dengan detail. Kerangka bangunan tersusun dari baja ringan. Sementara bagian dinding dan atap terbuat dari fiber alias serat kaca yang kuat. Rico melengkapi ruangan dengan 2 lampu light emitting diode (LED) berwarna putih sepanjang 1 m.

Ruangan itu dilengkapi dengan alat pendingin suhu, cooling pad dan 2 kipas. Cara kerja cooling pad beroperasi dengan menambahkan embun air atau partikel-partikel air yang sangat kecil di udara sehingga meningkatkan kelembapan udara dan menurunkan temperatur dalam ruangan.

Penyimpanan indukan kuping gajah dalam ruangan khusus menyebabkan tanaman memiliki daya semai tinggi. Foto : Dede Rizky

Temperatur udara yang panas membuat kuping gajah, terutama variegata, merana. Rico memastikan suhu ruangan berada pada kisaran 24°C dengan kelembapan udara 95%. Ia menyalakan lampu LED, kipas, dan cooling pad dari pukul 08.00—17.00.

Rico mengendalikan setiap peranti yang terpasang di ruangan melalui aplikasi di gawainya. Ia bahkan bisa memantau suhu dan kelembapan udara saat berada di luar kota. Berkat ruangan khusus yang terintegrasi dengan internet of things (IoT) itu.

Di dalam ruangan itu Rico menyimpan sejumlah indukan kuping gajah favoritnya seperti Anthurium papillilaminum, Anthurium ‘panama’, dan Anthurium magnificum. Ada 50 kuping gajah yang tumbuh dalam pot berdiameter 12 cm hingga 35 cm.

Rico mengatur kondisi agroklimat di dalam ruangan berukuran 5 m x 2 m x 3 m itu. Hasilnya, indukan kuping gajah menghasilkan biji dengan daya semai tinggi. Keberhasilan biji saat semai mencapai 100%.

Menyemai biji dari indukan yang disimpan di luar ruangan khusus itu paling tinggi hanya 80%. Rico memanen 900 biji dalam satu tongkol indukan kuping gajah yang dirawat di dalam ruangan khusus itu.

Sementara kuping gajah yang di luar kamar eksklusif itu hanya menghasilkan 450 biji.  Keuntungan lain pada tanaman kecil dan tanaman remaja yang dibesarkan di rumah tanam modern itu pun memiliki laju pertumbuhan lebih cepat dengan karakter lebih tegas.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Omzet Jutaan dari Berkebun Kakao Intensif

Trubus.id—Pekebun kakao di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, Baramang mendapatkan omzet hingga Rp297 juta per tahun dari berkebun kakao....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img