Thursday, August 18, 2022

Salon = Cupang Juara?

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Cupang-cupang juara itu memiliki penampilan menawan sehingga juri pun kecolongan. Serit dasar merah misalnya, gagah dengan pangkal ekor lebar. Tulang-tulang serit pun seimbang mengembang sempurna. Warna tubuh serasi mulai dari kepala hingga sirip. Namun, keunggulan itu berkat polesan. Sebulan sebelum terjun kontes, kondisi cupang itu tidak sempurna. Tulang serit tidak beraturan. ‘Tulang seritnya panjang sebelah,’ ucap Setiawan-nama samaran-penyalon cupang di Ciputat, Jakarta Selatan.

Serit itu lantas dipermak agar tulang-tulang seritnya seimbang dan bukaan sirip merata, mulai sirip bawah dan ekor belakang. Menurut Wawan-panggilan akrab Setiawan-untuk menyalon serit itu perlu kecermatan tinggi. ‘Minimal perlu waktu 2 minggu sebelum kontes, karena serit yang sudah dipotong butuh waktu agar dapat menutup lagi,’ paparnya.

Semua cupang

Hal serupa dilakukan pada plakat. Contoh plakat kombinasi andalan Rangga-bukan nama asli-asal Jakarta Barat. Sebelum kontes, ujung ekor atas dan bawah plakat itu melancip dan ekornya mengembang mirip daun waru. Setelah disalon, penampilannya berubah 180o. Sirip ekor menjadi seperti huruf D, kesan daun waru pun hilang. Halfmoon, kampiun di Kota Parahyangan juga awalnya memiliki sirip bawah sedikit panjang dan sobek. Namun, setelah dipoles, semua cacat lenyap.

Menurut Wawan, sebelum disalon, cupang yang dipilih harus memenuhi beberapa kriteria seperti memiliki mental dan kesehatan prima. Itu berguna agar selama dan sesudah proses, ikan tidak stres dan sakit. Halfmoon dan plakat yang ekornya kurang rapi, dapat dipermak 3-5 hari menjelang kontes. Namun, serit minimal berselang 2 pekan sebelumnya.

Peralatan dan bahan yang dipakai Wawan cukup sederhana: gunting, silet, es batu, dan akuarium berukuran 15 cm x 16 cm x 20 cm. Batu es dipakai sebagai obat bius ikan agar tidak bergerak saat dioperasi. Gunting dan silet berfungsi merapikan sirip dan ekor yang tidak rapi.

Mula-mula es batu dimasukkan dalam akuarium berisi air 500 ml. Setelah itu cupang ikut dimasukkan selama 10-15 detik hingga pingsan. Tandanya, insang membuka dan tubuh tampak kaku. Saat itu Betta splendens segera diangkat dan dicelupkan lagi dalam air bersuhu 26-27oC hingga insangnya mulai menutup. Di saat bersamaan ekor dan sirip yang cacat dipotong dan dibuat seimbang dengan bantuan silet dan gunting.

Silet dipakai memotong ujung ekor. Gunting berguna merapikan sirip-sirip atas dan bawah sehingga tampak proporsional. Menurut Indra Budi-nama samaran – kapster cupang di Jakarta Barat, pemotongan ekor dan sirip sepintas terlihat gampang, tapi sebenarnya sulit. ‘Jika salah potong, sulit untuk diperbaiki lagi,’ ungkapnya.

Saat menggunakan silet, proses pemotongan harus dialasi kaca. Itu agar didapat sirip yang rapi. ‘Saat pemotongan sesekali perlu dikucurkan air ke tubuh ikan supaya pemotongan ekor lebih mudah,’ katanya. Tanpa tambahan air, sirip yang menempel di kaca akan lengket bak lem.

Tak masuk kriteria

Menurut Joty Atmadjaja, hobiis di Serpong, Tangerang, cupang yang dioperasi tidak berhak ikut kontes. ‘Sanksinya keras harus didiskualifikasi,’ ujar juri internasional itu. Namun, menurut alumnus Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada itu, saat kontes juri terkadang tertipu pada penampilan cupang salon. Itu akibat proses penyalonan yang sangat sempurna.

‘Mungkin sudah cukup lama disalon sehingga kondisi ikan sudah seperti semula,’ kata pria kelahiran Bandung, 11 Oktober 1962 itu. Hal senada diamini Yuyung Halim, peternak di Jakarta Pusat. Yuyung menuturkan cupang salonan sangat mengganggu kontes. Dampak yang terasa, penjurian menjadi lama. ‘Juri harus berulang kali mengecek keasliannya,’ kata Yuyung.

‘Manipulasi ikan di kontes bisa merusak kredibilitas cupang,’ ucap Hermanus J Haryanto, hobiis di Harmoni, Jakarta Barat. Cupang salon itu bisa merusak nama Indonesia jika dipertandingkan di luar negeri. Apalagi bila dijadikan komoditas ekspor. (Hermansyah)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img