Friday, December 9, 2022

Salon untuk yang Super Sibuk

Rekomendasi

Sesekali lotion berbau harum dioleskan ke sela-sela jemari. Sembari menunggu persiapan untuk hairspa, Tracy menikmati layanan pedicure dan manicure. Menit kemudian, air hangat-hangat kuku menyiram tubuhnya perlahan. Rupanya, itulah rahasia kecantikan Tracy, meski umurnya tak bisa dibilang muda lagi.

Tampilan Tracy saat Trubus datang ke rumahnya memang menawan. Gerakannya lincah. Bulunya mengkilap. Tracy pelanggan setia mobile grooming. Pemiliknya, Suwito—hobiis anjing di Karawaci—memang luar biasa sibuk. Bisnis buah hingga garmen merenggut waktunya sampai malam hari. Meski begitu ia tetap ingin anjing kesayangannya terawat dengan baik.

“Seminggu sekali saya telepon salon keliling,” ujar ayah 1 putri itu. Selain mudah, fasilitas yang ditawarkan pun setingkat dengan salon anjing. Tak heran bila bulu-bulu Tracy yang panjang menjuntai tampak sangat bersih.

Layaknya salon, mobile grooming itu pun memanjakan pelanggannya dengan fasilitas lengkap. Tak hanya bulu yang ditangani, melainkan juga perawatan kuku kaki, kebersihan telinga, gigi, hingga kesehatan sang klangenan. Fasilitas serupa hanya bisa didapatkan di salon anjing. Bedanya pemilik tak harus menyediakan waktu khusus demi mengantar anjingnya creambath di salon. Tinggal telepon, salon yang akan mengantarkan dirinya untuk si gukguk.

Grooming berjalan

Sepintas mobil Kijang berplat B itu tampak meriah. Perpaduan warna putih di dasarnya dengan pernik hiasan membuat si Kijang tampil semarak. Tak heran ia menjadi perhatian ketika melintas.

“Mobil telah dimodifikasi total terutama di badan belakangnya,” tutur Henny Marlita Pangadjaja, pencetus ide mobile grooming. Itu memungkinkan peralatan seperti blower, slang, hingga ember tertampung di dalamnya.

Bak berukuran 2 m x 0,5 m dilengkapi dengan shower menjadi pemandangan awal saat kap samping kanan mobil dibuka. Di sanalah anjing diletakkan untuk ditangani. Dengan ukuran bak sebesar itu, anjing trah besar pun tak jadi masalah. Mobile grooming itu pun melayani perawatan untuk kucing.

Di sisi kiri, bila kap mobil dibuka, area finishing touch akan tampak. Di tempat itu blower digunakan untuk mengeringkan bulu-bulu setelah dikeramas. Terdapat pula lemari berisi peralatan anjing dan kucing, dari mulai kalung hingga mainan sang klangenan. “Jadi selain salon, ada pet shopnya juga,” ungkap Henny.

Di sisi depan bagian atas terdapat tangki berisi air yang digunakan bila di tempat pelanggan volume air yang diperlukan tidak terpenuhi. “Jadi pelanggan tak perlu khawatir jika di rumahnya tak ada air yang mengalir deras,” ucap pemilik hak paten grooming berjalan itu.

Pembuangan air pun diatur sedemikian rupa sehingga limbah tak mengganggu saat dan setelah salon beroperasi. Saluran pembuangan dipusatkan di satu tempat dan dihubungkan dengan pipa yang disalurkan ke got terdekat.

Gunting kuku

Menekan 7 digit telepon mobile grooming ibarat sirine bagi para pemadam kebakaran. Serupa dengan itu, bila telepon berdering para awak grooming berjalan mesti harus siap berangkat. “Semua peralatan harus dipastikan sudah berada di tempatnya, termasuk sabun, shampoo, dan alat mandi,” ujar Henny yang lahir 5 Maret 1970 itu.

Kala mobil sampai di alamat, sang klangenan pun siap ditangani. Awalnya petugas akan menempatkan anjing di bak. Acara manicure dan pedicure dengan pisau dan pemotong kuku khusus pun dimulai. Tak lupa bulu-bulu di telapak kaki digunting dan dibersihkan.

Pembersihan telinga menjadi hal yang tak boleh luput dari perhatian. Dengan pinset yang dibalut kapas, petugas akan membersihkan kotoran di telinga anjing. Dan agar indra pendengaran itu tak kemasukkan air saat keramas, kedua lubang telinga disumbat dengan kapas. Gosok gigi plus pasta rasa buah juga dilakukan.

Selanjutnya petugas akan menyalakan shower dan sang klangenan pun siap dikeramas. “Tergantung permintaan pelanggan, bila mereka ingin anjing atau kucingnya dipotong bulunya, petugas akan melayani,” ujar pemilik salon anjing dan kucing Happy Pets itu.

Itu juga berlaku pada shampoo. Bila bulubulu anjing kesayangan terserang penyakit, penggunaan shampoo medis pun akan diberikan. “Jenis shampoo juga tergantung warna bulu,” ungkap perempuan kelahiran Jakarta itu.

Bulu-bulu pada seluruh tubuh selanjutnya disikat hingga bersih sekaligus dipijat lembut, kemudian dibilas. Totalnya anjing dikeramas dua kali. Bila bulu-bulu telah dibilas bersih, langkah selanjutnya tubuh sang klangenan bakal dikeringkan dengan blower dan disisir rapi. Parfum dibubuhkan di sekujur tubuh. Satu hingga dua jam kemudian, anjing pun tampil menawan. Itulah mobile grooming, jawaban untuk penggemar anjing super sibuk yang ingin klangenannya tetap rapi, cantik, dan bersih. (Hanni Sofia)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Keunggulan Kapal Canggih Penebar Pakan Ikan

Trubus.id — Kapal penebar pakan ikan bisa menjadi alternatif para pembudidaya yang memelihara ikan di tambak yang luas. Salah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img