Sunday, November 27, 2022

Sambung Susu ala Bernard

Rekomendasi
  • Pilih batang atas yang seukuran batang bawah. Gunakan tunas air yang banyak muncul di percabangan matoa. Tunas air pada matoa besar-besar. Pada tanaman lain, tunas air tidak dapat dijadikan batang atas karena tidak produktif.
  • Kelupas batang bawah pada ketinggian 20-25 cm sepanjang 6-8 cm dengan menggunakan pisau tajam. Kedalaman keratan ? diameter batang atau sampai kayunya.
  • Pilih tunas air dekat batang atau cabang utama. Tujuannya agar polibag batang bawah bisa diikat dengan mudah pada batang. Kelupas juga tunas air seukuran sayatan batang bawah. Bila terlalu dalam dikhawatirkan bibit gampang patah.
  • Polibag diatur menyesuaikan posisi tunas air dan batang. Bila telah pas, ikat polibag pada batang atau gunakan kayu penyangga agar lebih mudah. Dengan begitu posisi tanaman di polibag seperti digendong. Lalu gabungkan sayatan pada batang bawah dan tunas air. Ikat erat-erat dengan plastik yang biasa digunakan untuk okulasi.
  • Sebaiknya penyambungan saat musim hujan agar tak perlu disiram setiap hari. Sebulan berselang, sambungan tumbuh. Penyambungan berhasil bila kedua sayatan menyatu; sebaliknya gagal bila terlihat retak.
  • Bila berhasil, potong batang asal batang bawah. Sebulan kemudian potong tunas air di bagian bawah sambungan. 8. Bibit matoa pun siap diadaptasikan. Caranya, letakkan bibit di tempat teduh dan lakukan penyiraman rutin. Perlakuan adaptasi ini bisa berlangsung selama sebulan atau tergantung kondisi tanaman.
  • Bibit siap dipindah ke lapangan. Dengan perawatan tepat pada umur 1,5 tahun matoa berbuah. Selain cocok ditanam di kebun, matoa sambung susu pun pantas dijadikan tabulampot. (Destika Cahyana/Peliput: Evy Syariefa)
  • Previous articleSuperred Anda Berdarah Murni?
    Next articleBerkat Lumpur
    - Advertisement -spot_img
    Artikel Terbaru

    Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

    Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
    - Advertisement -spot_img

    More Articles Like This

    - Advertisement -spot_img